Kuliner Tradisional Khas Banjar

Aneka Kuliner Tradisional Khas Banjar yang Menggugah Selera di Expo Daha Selatan 2020 Kota Kandangan

Aneka Kuliner Tradisional Khas Banjar yang Menggugah Selera di Expo Daha Selatan 2020 Kota Kandangan

Aneka Kuliner Tradisional Khas Banjar yang Menggugah Selera di Expo Daha Selatan 2020 Kota Kandangan
banjarmasinpost.co.id/hanani
Aneka kue tradisional khas Banjar yang dihidangkan secara gratis untuk pengunjung Expo Daha Selatan 2020, Rabu (8/12/2019). 

Penulis wartawan Banjarmasinpost.co.id Hanani

BANJARMASINPOSTTRAVEL.COM - Aneka Kuliner Tradisional yang Menggugah Selera di Expo Daha Selatan 2020 Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan.

Ya, Kecamatan Daha Selatan memperingati hari ulang tahun ke 69, yang puncaknya dilaksanakan Rabu (8/1/2020).

Nah, Bertepatan HUT ke 69 tersebut, pemerintah kecamatan setempat juga menggelar Daha Selatan Expo 2020, selama satu hari.

Namun, Expo tersebut khusus menyediakan kuliner tradisional khas masyarakat setempat.

Video Keunikan Taman Palindangan Sehati Kandangan, Tak Bisa Macam-macam, Ada Kamera CCTV

Ke Tanahlaut, Kalsel, Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Kuliner Khas ini

VIDEO Jalan-Jalan Ke Bandara Internasional Syamsuddin Noor, Sang Jewel of Borneo

Ada 20 stand kuliner, dari seluruh perwakilan desa di Kecamatan tersebut, menyajikan 10.000 kue gratis kepada pengujung.

Setiap stand terdiri PKK desa, PGRI, Bhayangkari dan KNPI menyediakan 500 kue untuk dibagikan ke pengunjung.

Jenis kue tersebut antara lain, petah, cucur pelangi, cincin, kue gapit, pais, wadal tatal lakatan, kue berbahan ikan, bikang pandan, bikang gula habang, roti nangka serta jenis kue tradisional lainnya.

Camat Daha Selatan, Nafarin mengatakan, Expo dengan tema kue tradisional ini sengaja digelar karena desa-desa di kecamatan yang dipimpinnya sangat kaya aneka kuliner tradisional dengan cita rasa tersendiri.

“Selain mengenalkan kue tradisional dari seluruh desa kepada pengunjung, kami juga ingin mempromosikan produk UKM masyarakat seluruh desa di Daha Selatan,” kata Nafarin.

Aneka kue tradisional yang dihidangkan secara gratis untuk masyarakat di Daha Selatan Expo 2020.
Aneka kue tradisional yang dihidangkan secara gratis untuk masyarakat di Daha Selatan Expo 2020. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Sementara, Expo khusus kuliner yang dirangkai puncak peringatan hari jadi kecamatan tersebut, mendapat sambutan antusias dari masyarakat Daha, tak hanya Daha Selatan.

Warga dari Daha Utara yang rela berjalan kaki ke lokasi Expo, karena di lokasi tersebut sulit memarkir kendaraan bermotor, saking banyaknya pengunjung.

Menurut Nafarin, dengan mengangkat kuliner dari desa-desa tersebut, pengujung dari daerah lain bisa mengenal produk makanan buatan warganya.

Antusiasme masyarakat Kecamatan Daha Selatan, mengujungi Expo Daha Selatan 2020, Rabu (8/1/2020) di halaman stadion olah raga HM Safi’i.
Antusiasme masyarakat Kecamatan Daha Selatan, mengujungi Expo Daha Selatan 2020, Rabu (8/1/2020) di halaman stadion olah raga HM Safi’i. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Konsep perayaan HUT yang merakyat itupun bertujuan menciptakan kebersamaan, antara jajaran pemerintahan kecamatan, desa dan masyarakat. Bupati HSS H Achmad Fikry dan istri Hj Isnaniah, Wakil Bupati, Sekda serta pejabat pemerintahan pada kesempatan berkunjung ke Daha Selatan expo turut mencicipi aneka kue tradisional tersebut.

(banjarmasinposttravel.com/hanani)

Ikuti kami di
Editor: Royan Naimi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved