Objek Wisata Religi

Kunjungi 7 Objek Wisata Religi di Kota Banjarmasin Ibu Kota Provinsi Kalsel, Masjid Hingga Klenteng

Kunjungi 7 Objek Wisata Religi di Kota Banjarmasin Ibu Kota Provinsi Kalsel, Masjid Hingga Klenteng

Editor: Royan Naimi
banjarmasinpost.co.id/noor masrida
Masjid Jami Sungai Jingah, beralamat di Jalan Seberang Masjid, Banjarmasin. 

Penulis wartawan Banjarmasinpost.co.id Khairil Rahim

BANJARMASINPOSTTRAVEL.COM - Berikut 7 Objek Wisata Religi di Kota Banjarmasin Ibu Kota Provinsi Kalsel, Masjid Hingga Klenteng.

Kota Banjarmasin adalah ibukota Provinsi Kalimantan Selatan. Banjarmasin yang dijuluki kota Seribu Sungai memiliki wilayah seluas 98,46 km2 yang luas wilayahnya merupakan delta atau kepulauan yang terdiri dari sekitar 25 buah pulau kecil (delta) yang dipisahkan oleh sungai-sungai di antaranya Pulau Tatas, Pulau Kelayan, Pulau Rantauan Keliling, Pulau Intan dan lain-lain.

Berdasarkan data BPS Kota Banjarmasin tahun 2016 Banjarmasin memiliki penduduk sebanyak 675.440 jiwa dengan kepadatan 9.381 jiwa per km2.

Wilayah metropolitan Banjarmasin adalah Banjarbakula permukaan laut dan hampir seluruh wilayah digenangi air pada saat pasang kota Banjarmasin berlokasi daerah Kuala sungai Martapura yang bermuara pada sisi timur Sungai Barito. 

Aneka Kuliner Tradisional Khas Banjar yang Menggugah Selera di Expo Daha Selatan 2020 Kota Kandangan

Video Keunikan Taman Palindangan Sehati Kandangan, Tak Bisa Macam-macam, Ada Kamera CCTV

Dijuluki Jewel of Borneo, Luasnya Areal Bandara Sempat Bikin Bingung Calon Penumpang

Letak Kota Banjarmasin nyaris di tengah-tengah Indonesia kota ini terletak di tepian timur Sungai Barito dan dibelah oleh Sungai Martapura yang berhulu di pegunungan Meratus.

Kota Banjarmasin dipengaruhi oleh pasang surut air Laut Jawa sehingga berpengaruh kepada drainase kota dan memberi ciri khas tersendiri terhadap kehidupan masyarakat terutama pemanfaatan Sungai sebagai salah satu prasarana transportasi air pariwisata perikanan dan perdagangan.

Banjarmasin juga adalah kota religius, oleh karena itu pula hampir di setiap Jalan atau pun gang-gang serta di perumahan masyarat banyak sekali kita jumpai masjid-masjid yang berdiri dengan megahnya.

Namun di samping itu, Banjarmasin sebagai kota religi ternyata juga memiliki banyak sekali objek wisata religi yang menarik untuk dikunjungi.

Inilah 7 destinasi wisata religi di Kota Banjarmasin yang cocok untuk didatangi.

1. Makam Sultan Suriansyah

Komplek makam Sultan Suriansyah berlokasi di kelurahan Kuin Utara kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin.

Bangunan situs benda cagar budaya tidak bergerak dengan ukuran luas bangunan 305,5 M2 di dalam komplek pemakaman inilah Sultan Suriansyah beserta ratunya dimakamkan secara berdampingan.

Pada kompleks makam Sultan Suriansyah terdapat pula makam para pembesar lainnya yaitu khatib Dayyan, Patih Kuin, Patih Masih, Hulu Balang kesultanan atau Senopati Antakesuma, Pangeran Muhammad, Pangeran Ahmad, Hajah Saanah dan makam anak seorang Cina Islam.

Sumur tua di Kompleks Makam/Masjid Sultan Suriansyah di Jalan Pangeran, Banjarmasin.
Sumur tua di Kompleks Makam/Masjid Sultan Suriansyah di Jalan Pangeran, Banjarmasin. (banjarmasinpost.co.id/frans rumbon)

2. Kubah Basirih

Makam keramat seorang ulama yang menjadi objek wisata ziarah di Banjarmasin.

Kubah ini letaknya tidak begitu jauh dari jembatan lingkar selatan menuju kawasan pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Kubah ini berada di Jalan Kramat RT 13 kelurahan Basirih kecamatan Banjarmasin Barat.

Habib Hamid bin Abbas Bahasyim atau lebih dikenal dengan sebutan Habib Basirih adalah seorang ulama Banjar.

Silsilahnya habib Hamid bin Abbas bin Abdullah bin Husin bin Awad bin Umar bin Ahmad bin Syech bin Ahmad bin Abdullah bin Aqil bin Alwi bin Muhammad bin Abdurrahman bin Alwi Al Faqih bin Muhammad Shahib Mirbath.

Konon antara Habib Basirih dengan salah satu Wali Songo Sunan Ampel atau Raden Rahmat masih ada hubungan kekeluargaan sama-sama keturunan.

Arti waliyullah Muhammad Shahib Mirbath atau keturunan generasi 16 dari Rasulullah Muhammad SAW.

Wisata Religi Kubah Basirih, atau Al Habib Hamid Bin Abbas Al Bahasyim, di Jalan Keramat RT13, Kelurahan Basirih, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin.
Wisata Religi Kubah Basirih, atau Al Habib Hamid Bin Abbas Al Bahasyim, di Jalan Keramat RT13, Kelurahan Basirih, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin. (youtube banjarmasinpost.co.id)

3. Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved