Pasar Budaya Racah Mampulang

VIDEO : Inilah Pasar Budaya Racah Mampulang Desa Balida di Kabupaten Balangan, Resmi Dibuka

VIDEO : Inilah Pasar Budaya Racah Mampulang Desa Balida di Kabupaten Balangan, Resmi Dibuka

BANJARMASINPOSTTRAVEL.COM - Pasar Budaya Racah Mampulang Desa Balida, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Kalsel resmi dibuka, Selasa (21/1/2020).

Bupati Balangan, Ansharuddin, di dampingin Ketua DPRD Balangan, Ahsani Fauzan, Kapolres Balangan, AKBP Nur Khamid, dan External Relation Division Head PT Adaro Indonesia, Rizki Dartaman, beserta Ketua TP PKK Balangan, Nursidah Ansharuddin secara simbolis meresmikan pasar budaya tersebut.

Peresmian ditandai pemukulan gong. Kemudian pemotongan pita di pintu gerbang saat masuk ke pasar.

Suara musik panting menyambut kedatangan para pejabat menuju Pasar Budaya. Panitia juga menyuguhkan sejumlah kesenian yang ada di Desa Balida.

VIDEO: Warung Sate Kambing Bu Suman Blok A Tanahbumbu, Buka Tiap Selasa Selalu Padat Pengunjung

VIDEO: Rumah Makan Patin Pinggir Sungai, Wisata Kuliner Khas Banjarmasin

Warung Sate Kambing Bu Suman Paling Terkenal di Tanahbumbu, Buka Hanya Tiap Selasa

VIDEO : Keindahan Air Terjun Tayak di Kabupaten Balangan, Jalur Hanya Jalan Setapak Kian Menantang

Wajib Jaga Tata Krama Ketika Berada di Air Terjun Tayak Balangan Kalsel

Kepala Desa Balida, Sahridin memaparkan, ada puluhan kesenian yang aktif untuk mengisi acara di pasar tersebut. Selain itu kurang lebih 52 pedagang terlibat di dalamnya.

Ratusan warga pun juga berkunjung ke pasar budaya. Mereka belanja jajanan kuliner yang tersedia. Serta menikmati kesenian yang disuguhkan.

Bupati Balangan beserta rombongan juga melihat warung-warung kuliner yang ada di pasar tersebut. Mereka menyapa pemilik warung dan belanja.

Uniknya, sistem jual beli di Pasar Budaya tersebut tidaklah menggunakan uang, melainkan racah yang sudah ditukar kepada panitia. Lantas, Bupati Balangan, Ansharuddin dan jajaran belanja menggunakan racah tersebut.

"Berbagai kesenian, kuliner khas, ada 41 macam kue dan buah tersedia di Pasar Bhdata ini. Kemudian yang paling unik belanjanya menggunakan koin atau racah," ucap Ansharuddin.

Keberadaan Pasar Budaya Racah Mampulang Desa Balida memanfaatkan dana desa dan bantuan CSR PT Adaro Indonesia.

Pasar Budaya Desa Balida, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (21/1/2020) resmi dibuka.
Pasar Budaya Desa Balida, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (21/1/2020) resmi dibuka. (youtube banjarmasin post news video)

Sebut Ansharuddin, keberadaan pasar tersebut merupakan satu inovasi luar biasa yang dilakukan oleh Pemdes Balida.

"Pemkab Balangan sangar mendukung. Selain itu CSR juga akan membantu perbaikan jalan tanpa merubah traditional pasar," ucap Ansharuddin.

Perihal keberadaan pasar budaya itu pula, External Relation Division Head PT Adaro Indonesia, Rizki Dartaman menyampaikan bahwa pihaknya selalu mendampingi kegiatan Bumdes Berani yang dalam binaan PT Adaro Indonesia.

"Kami bekerjasama dengan mitrakerja dan akan memfasilitasi dalam hal infrastruktur maupun pelatihan terhadap pengembangan wirausaha yang ada di Balangan," ucap Rizki.

Inovasi pasar budaya di desa Desa Balida jelasnya, merupakan pilot project. Ke depan, apabila berhasil, maka akan dikembangkan ke desa lain. Adapun total dana keseluruhan selama dua tahun yang dikucurkan untuk pembangunan dan pengembangan pasar tersebut mencapai Rp 225.000.000. (*)

Ikuti kami di
Editor: Royan Naimi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved