Desa Eduwisata Anjir Kalampan

Sukses Budidaya Bawang Merah hingga Hasil Panen Melimpah di Anjir Kalampan Kapuas Barat

Satu lagi terobosan yang cukup menjadi perhatian dilakukan oleh Kelompok Tani Kalampan Jaya di Anjir Kalampan, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapua

Editor: Royan Naimi
istimewa
Yanir, Ketua Kelompok Tani Kalampan Jaya yang juga Kepala Desa Anjir Kalampan sukses budidaya bawang merah 

Penulis wartawan banjarmasinpost.co.id Fadly SR

BANJARMASINPOSTTRAVEL.COM, KUALAKAPUAS - Satu lagi terobosan yang cukup menjadi perhatian dilakukan oleh Kelompok Tani Kalampan Jaya di Anjir Kalampan, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas.

Dimana Kelompok Tani Kalampan Jaya sukses membudidayakan bawang merah yang ternyata bukan hal yang mustahil untuk membudidayakan bawang merah di Kabupaten Kapuas.

Namun tentunya tak begitu saja langsung sukses. Yanir, Ketua Kelompok Tani Kalampan Jaya pun membagi kisah jatuh bangunnya hingga berhasil panen besar bawang merah.

Diceritakan Yanir saat dijumpai banjarmasinpost.co.id, belum lama tadi, bahwa mereka mulai menanam bawang merah sejak tahun 2013 lalu.

Mereka mencoba membudidayakan bawang merah di luasan lahan tak sampai satu hektare di Desa Anjir Kalampan, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas.

Desa Eduwisata di Anjir Kalampan Kapuas Barat, Berawal dari Hobi yang Keterusan

Desa Eduwisata Anjir Kalampan Kapuas Barat, Terapkan Sistem Pemeliharaan Modern

Hadirkan Inovasi, Ajarkan Cara Pengolahan Lahan Tanpa Membakar

Bermodal bibit 200 kilogram yang telah disiapkan, mereka pun memulainya dengan pengetahuan seadanya.

Tahun 2013 awal mula menanam, mereka gagal total. Alih-alih bisa panen, apa yang mereka tanam tak mau berkembang dan jadi.

Mencoba lagi di tahun berikutnya 2014 dan lagi-lagi juga gagal total.

Mereka berpikir keras dan penasaran akan kegagalan di dua tahun yang telah dilalui. Sampai di tahun 2015, Yanir mendatangkan pembudidaya yang telah sukses budidaya dari Brebes.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved