Menu Khas Banjar

Menu-Menu Tradisional Khas Banjar di Blue Atlantic Hotel Banjarmasin

Menurut dia, hal ini merupakan kontribusi dari Blue Atlantic Hotel untuk turut melestarikan menu-menu khas dari Kota Banjarmasin.

Menu-Menu Tradisional Khas Banjar di Blue Atlantic Hotel Banjarmasin
Blue Atlantic Hotel buat Banjarmasin Post
Menu tradisional di Blue Atlantic Hotel Banjarmasin. 

Penulis wartawan Banjarmasinpost.co.id Syaiful Anwar

BANJARMASINPOSTTRAVEL.COM - Menyambut mulai ramainya kegiatan meeting ballroom dan function room hotel Blue Atlantic, beberapa terobosan dilakukan untuk memanjakan para customer, mulai dari harga kamar yang bisa di nego buat grup/rombongan.

Juga tidak kalah menarik adalah pilihan menu meeting yang menghadirkan menu-menu tradisional. Seperti di bulan Februari ini sedang mempromokan iwak Patin Babanam, Ayam Masak Habang dan Gangan Asam Banjar.

"Menu ini merupakan rekomendasi dari chef kami diantara menu-menu lainnya yang diharapkan menjadi pilihan favorit bagi peserta meeting di hotel kami yang notabene kebanyakan berasal dari daerah / kota lain di Indonesia," kata Rizky, Sales Manager Blue Atlantic Hotel Banjarmasin Jumat (14/2/2020).

Menurut dia, hal ini merupakan kontribusi dari Blue Atlantic Hotel untuk turut melestarikan menu-menu khas dari Kota Banjarmasin. 

VIDEO Pesona Taman Wisata Edukasi Satwa Jahri Saleh Banjarmasin, Bisa Belajar di Kebun Binatang Mini

Rencana Jangka Panjang Wisata Siring Laut Kotabaru, Ada Masjid Apung dan Panggung Laut

VIDEO Suasana di  Lokasi Wisata Siring Laut Kotabaru Kalimantan Selatan, Kini Kian Cantik

Selain itu, lanjut Rizky, juga menjadi jawaban atas keingintahuan para tamu-tamu acara yang penasaran dengan menu-menu khas Banua yang tentunya sangat jarang ditemukan di hotel-hotel yang memilih memasukkan menu tradisional sebagai pilihan menu selama mengadakan meeting di kota Banjarmasin.

"Adapun pilihan menu mulai dari Iwak Patin Babanam atau ikan patin bakar merupakan menu favorit utama di Banua. Alasannya, ikannya banyak terdapat di pasar-pasar tradisional, juga harganya relatif terjangkau," jelasnya.

Ditambahkan Rizky, memasaknya ikan patin segar dipotong dan dibersihkan, lalu direndam kedalam bumbu dasar dan bumbu khas banjar. Selanjutnya diangkat dan dimasukkan lagi kedalam campuran bumbu kecap dan saos tomat, setelah itu ikan dipanggang di atas bara api dari arang kayu sambil dibolak-balik agar merata.

Menu tradisional di Blue Atlantic Hotel Banjarmasin.
Menu tradisional di Blue Atlantic Hotel Banjarmasin. (Blue Atlantic Hotel buat Banjarmasin Post)

"Selain rasanya yang lembut, Iwak Patin babanam memberikan sensasi rasa gurihnya bumbu manis yang khas," ungkapnya.

Lalu, kata Rizky, ada ayam masak habang. Ini juga merupakan sajian asli Banua, dimasak dengan bumbu merah, sehingga disebutnya masak habang. Warna bumbu habang berasal dari bahan utamanya yaitu cabe yang dikeringkan. Ayam masak habang, walau pun memiliki tampilan warna merah yang pekat, namun tidak terasa pedas, melainkan memiliki cita rasa manis, karena proses pembuatannya menggunakan gula merah.

Menu lainnya, lanjut dia, ada sup khas Banjar yaitu Gangan Asam Banjar. Sesuai dengan namanya Gangan Asam Banjar ini memiliki rasa sedikit asam yang berasal dari belimbing sayur / belimbing wuluh.

Kuah sari gangan ini berwarna kuning, berisi sayuran kacang panjang, kol, timun dan buah tomat segar. Untuk menu-menu tersebut d iatas, merupakan salah satu pilihan menu acara bagi customer yang menyewa ruangan meeting, dan harganya pun relatif terjangkau.

"Biasanya disajikan secara prasmanan, lengkap dengan nasi dan menu pendamping juga dessert. Untuk harga, sudah termasuk penggunaan ruangan dan fasilitas meeting seperti sound system, LCD proyektor, meeting kit dan sebagainya, silahkan menghubungi team sales kam," katanya.

Bisa langsung ke nomor 0852 5038 5988 Bisa via WA atau telepon, dijamin harga bisa mnyesuaikan dengan budget customer.

(Banjarmasinposttravel.com/Syaiful Anwar)

Ikuti kami di
Editor: Royan Naimi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved