Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia

VIDEO Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia di Perkantoran Pemprov Kalsel, Koleksi 48 Ribu Pohon

VIDEO : Inilah Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia di Perkantoran Pemprov Kalsel, Koleksi 48.072 Pohon

Penulis wartawan Banjarmasinpost.co.id Nurholis Huda

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - VIDEO : Inilah Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia di Perkantoran Pemprov Kalsel, Koleksi 48.072 Pohon.

Miniatur Tropical Rain Forest (M2HT) adalah miniatur hutan hujan tropis yang berada di areal kawasan perkantoran pemerintahan provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru.

Seusai Presiden RI, Joko Widodo mengunjungi di acara Hari Pers Nasional (HPN) 2020 seminggu lalu, resmi berganti nama menjadi Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia (TH2TI).

VIDEO Pesona Tersembunyi Air Terjun Rampah Ginatu Setinggi 30 Meter di Kabupaten HST, Belum Terjamah

Hutan Pers Indonesia di Areal TH2TI Banjarbaru Diresmikan Presiden Jokowi Bertepatan Puncak HPN 2020

TH2TI di Banjarbaru jadi Tempat Favorit Mahasiswa Mengerjakan Tugas karena Sejuk dan Tenang

Meek Farm Banjarbaru, Identik Kebun Durian Padahal Tersedia Juga Buah-buahan ini

Kini areal tersebut dijadikan tempat kunjungan wisata baik lokal, nasional hingga international. Ketika masuk di kawasan ini hijau rindang dan sejuk dirasakan oleh para pengujung.

Dalam industri 4.0 TH2TI merupakan wujud nyata peran pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam melestarikan lingkungan hidup dan suberdaya hutan Indonesia untuk kehidupan di masa yang akan datang.

Kalimantan Selatan sendiri sangat serius dalam program penghijauan. Hal ini dibuktikan dengan program revolusi hijau dan perhatian pemerintah di TH2TI dipayungi dengan keputusan Gubernur Kalsel no 188.44/058/KUM/2018 tentang penujukan miniatur hutan hujan tropika pada kawasan perkantoran pemerintah provinsi Kalimantan Selatan dan Perrda no 07 tahun 2018 tentang gerakan revolusi hijau.

Tujuan pembangunan TH2TI Indonesia adalah pelestarian keanekaragaman jenis pohon, penyerap emisi dan menciptikan iklim mikro, memberikan manfaat multiguna hutan dalam kehidupan bersmasyarakat dan berbangsa yang menjamin keberlangsungan kehidupan dimasa yang akan datang.

TH2I harus memberi rujukan tindakan konservasi dan pemanfaatan sumber daya hutan yang lestari.

TH2TI, dibangun di lahan seluah kurang lebih 90 hektar dan telah tertanami seluas kurang lebih 58 hektar dalam empat blok penanaman.

Jumlah pohon yang telah ditanam di TH2TI, sebanyak 48.072 batang yang terdiri dari jenis endemik hutan hujan tropika dataran rendah seperti 41 jenis dalam kelompok diptenokarpa (Meranti), 11 jenis kelompok rimba campuran dan jenis pohon unggulan lokal serta jenis tanaman langka penghasil buah di Kalsel.

(banjarmasinposttravel.com/nurholis huda)

Ikuti kami di
Editor: Royan Naimi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved