Wisata Kampung Bunga Bumi Barakat

VIDEO Berkunjung ke Kampung Bunga Bumi Barakat Kabupaten Banjar, Ada Melati, Mawar dan Kenanga

VIDEO Berkunjung ke Kampung Bunga Bumi Barakat Kabupaten Banjar, Ada Melati, Mawar dan Kenanga

Editor: Royan Naimi

Penulis wartawan Banjarmasinpost.co.id Idda Royani

BANJARMASINPOSTTRAVEL.COM, MARTAPURA - VIDEO Berkunjung ke Kampung Bunga Bumi Barakat Kabupaten Banjar, Ada Melati, Mawar dan Kenanga

Pembudidayaan florikultura (bunga) di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), tak cuma berada di Desa Jingah Habangilir di wilayah Kecamatan Karangintan.

"Tapi juga berada di empat desa lainnya. Jadi, florikultura di Kabupaten Banjar ini ada di dua kecamatan yakni Karangintan dan Martapura," sebut Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Banjar HM Fachry, beberapa hari lalu.

Di Kecamatan Karangintan, pengembangan florikultura berada di tiga desa yaitu Jingah Habangilir, Jingah Habangulu, dan Pandakdaun. Sedangkan di Kecamatan Martapura berada di dua desa yaitu Desa Bincau dan Labuantabu.

Usaha Tani Bunga Cukup Menjanjikan, Sehari Bisa Dapatkan Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah

Legenda Nini Randa Jadi Cerita Turun Temurun di Kalangan Pengrajin Kambang Barenteng

Ini Rute Menuju Kampung Bunga, Jalan Beraspal dan Mulus Meski Sempit

Dari kelima desa tersebut, area pertanaman bunga terluas berada di Desa Jingah Habangilir. Sebagian besar jenis bunga yang dibudidayakan yakni melati.

Selain itu ada dua jenis tanaman bunga lainnya yang dikembangkan yaitu kenanga dan mawar.

Jumlah petani yang membudidayakan florikultura tersebut sedikitnya mencapai puluhan orang. Sebagian masih menempatkannya sebagai tanaman sampingan selain tanaman pangan/perkebunan lainnya yang dibudidayakan.

Namun sebagian lainnya telah menjadikan budidaya florikultura tersebut sebagai tanaman utama yang menjadi penopang hidup keluarga. Contohnya yakni Ahmadi atau yang akrab disapa Pak Andon. Lelaki setengah baya warga Desa Jingah Habangilir ini mengelola tanaman bunganya secara all out.

(banjarmasinposttravel.com/idda royani)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved