Oleh Oleh Khas Kabupaten Tabalong

VIDEO : Ayo, Temukan Oleh Oleh Khas Kabupaten Tabalong Kalsel di Pokta, Apa Itu?

VIDEO : Ayo, Temukan Oleh Oleh khas Kabupaten Tabalong Kalsel di Pokta, Apa Itu?

Penulis wartawan Banjarmasinpost.co.id Reni Kurniawati

BANJARMASINPOSTTRAVEL.COM, TANJUNG - Bagi warga luar daerah yang mengunjungi Kabupaten Tabalong, tak perlu repot mencari oleh oleh dan sesuatu yang khas dari Bumi Sarabakawa ini.

Pemerintah Daerah Tabalong memiliki Pusat Oleh oleh Kabupaten Tabalong (Pokta) di Kelurahan Pembataan Kecamatan Tanjung.

Di Pokta hampir seluruh makanan olahan khas Tabalong sekaligus dengan kerajinan tersedia dalam satu tempat.

Nina penjaga Pokta mengatakan pusat oleh oleh ini buka setiap hari kerja yaitu dari senin hingga jumat, sedangkan untuk hari Sabtu dan minggu opsional tergantung ada petugas yang bisa berjaga atau tidak.

Wisata Gunung Kayangan di Tanah Laut, Ayo Nikmati Keindahan Alam dari Ketinggian!

Air Mancur Menari Taman Kamboja Banjarmasin Tampilkan Atraksi di Malam Pergantian Tahun Baru

“Jumlah penjaga masih kekurangan sehingga untuk akhir pekan menunggu ada yang sukarela menjaga,” ujarnya.

Pokta buka mulai jam 08.00 hingga hingga pukul 15.00 dan kemudian berganti penjaga dan melanjutkan hingga pukul 22.00 wita. Oleh oleh yang paling banyak dicari adalah amplang patin dan haruan, berbagai jenis makanan ringan olahan ikan paling banyak dicari.

Pokta juga ada menjual batik tabalong, batik Tabalong memiliki motif khas yaitu perpaduan antara motif langsat, motif dayak dan sasirangan. Harga kain batik Tabalong beragam sesuai dengan jenis kain sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu.

Pokta juga menjual madu, jamu ekstrak dari rempah rempah seperti jahe dan kunyit. Kerajinan anyaman purun dalam bentuk tas, kerajianan lain adalah miniatur obor yang cocok untuk pajangan.

Winda salah satu pengunjung mengatakan dirinya adalah warga Tabalong, namun untuk memudahkan dalam membeli madu asli dirinya lebih suka membeli di Pokta. “Kalau dari Pokta jelas dari UKM yang sudah resmi dinaungi pemerintah jadi madunya asli,” ujarnya.

(Banjarmasinposttravel.com/Reni Kurniawati)

Ikuti kami di
Editor: Royan Naimi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved