Kampung Pejabat Banjarbaru

Penghuni Kampung di Banjarbaru ini Punya Keahlian Bikin Jamu Turun Temurun

Berawal dari perantau yang berdomisili di kampung ini dan membawa keahlian bikin jamu, lahirlah Kampung Pejabat singkatan dari Penjual Jamu Loktabat

Penghuni Kampung di Banjarbaru ini Punya Keahlian Bikin Jamu Turun Temurun
banjarmasinposttravel.com/nurholis huda
wisat kampung pejabat 

BANJARMASINPOSTTRAVEL.COM, BANJARBARU -"Kampung Pejabat", begitulah sebutannya, namun jangan salah, meski disebut kampung pejabat bukan berarti yang ada di kampung ini semua pejabat.

Kampung yang berada di Gang Baru Rt 6 Rw 2 Loktabat Selatan, Banjarbaru ini disebut kampung Pejabat adalah sebuah singkatan dari kampung penjual atau pengolah jamu Loktabat.

Selain memudahkan pelafalan dan mudah mengingat lokasi kampung di Jalan R O Ulin Gang Baru RT 06 RW 02 Kelurahan Loktabat Selatan, Kecamatan Banjarbaru Selatan, Kota Banjarbaru, memang penduduk di Kampung ini rata-rata penjual jamu.

Dari Tempat Tidur hingga Listrik Disediakan Gratis untuk Warga Kampung Tuna Netra

Rencana Jadikan Pulau Hanaut dan Pulau Lepeh Kotim Wisata Taman Buaya Beri Warga Harapan ini

Menurut Ketua Rt 6 Rw 2 Loktabat Selatan, Tarmudji, sekaligus penjual Kampung Pejabat awalnya didomisili oleh para perantau dari Jawa Tengah yang mengadu nasib di Kota Banjarbaru sebagai Penjual jamu.

"Dulu ada empat Kepala Keluarga, awalnya masih hutan, namun lama kelamaan banyak, dan memang banyak yang jual jamu. Dulu sejak Tahun 1979 warga di Kampung ini sudah menggeluti usaha jual jamu ini turun temurun sampai sekarang," cerita Tarmudji.

Tahun pun berganti dan kini atas kesepakatan warga dibuat kampung tematik, Kampung Pejabat.

"Kampung ini diresmikan, 27 Juli 2017, oleh Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani, Di Lokasi ini ada sekitar 35 warga di kawasan ini adalah penjual jamu di Loktabat, cerita dia.

Kampung Pejabat sendiri menjadi salah satu tempat destinasi favorit untuk para wisatawan.

Selain tempatnya yang sejuk dan asri, di lokasi ini juga terdapat spot-spot menarik untuk melakukan kegiatan foto atau selfie bareng teman dan kolega.

Selain itu di Kampung Pejabat juga tersedia cafe jamu yang buka setiap harinya dan Gerai Ice Cream Jamu yang juga bisa dinikmati oleh para pelancong atau penggiat wisata yang berkunjung ke Kampung Pejabat.

(Banjarmasinposttrvel.tribunnews.com/lis)

Ikuti kami di
Editor: Royan Naimi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved