Wisata Pantai di Tanahlaut

Keindahan Pantai Menyatu dengan Eksotisnya Hutam Galam di Jorong Beach Tanahlaut

Bentang panjang pantai Jorong Beach Galam yang telah ditata sudah mencapai ratusan meter

Keindahan Pantai Menyatu dengan Eksotisnya Hutam Galam di Jorong Beach Tanahlaut
banjarmasinposttravel.tribunnews.com/roy
Jalan koridor tambang menuju Pantai Jorong Beach Galam di Swarangan berpagar dan berpayungkan pepohonan pinus sehingga suasananya cukup rindang. 

BANJARMASINPOSTRAVEL.COM, PELAIHARI - Tak terbantahkah lagi, Pantai Jorong Beach Galam yang ada di Desa Swarangan, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), benar-benar beda dibanding objek wisata pantai lainnya yang berada di Bumi Tuntung Pandang.

Bedanya bukan hanya pada kelengkapan fasilitas maupun eksotime panorama alam yang ada. Lebih dari itu juga konsep pengelolannya karena tak sekadar menyajikan keindahan alam berupa pesisir pantai dan pemandangan laut lepas.

Selain itu pengunjung juga dapat menikmati keindahan hutan, khususnya hutan galam. "Itulah mengapa pantai di sini kami namai Jorong Beach and Galam. Ini karena konsep pantainya kami padukan dengan kawasan konservasi hutan galam yang kami kelola," jelas Ir I Gde Widiade, mine head PT Jorong Barutama Greston, Selasa (7/4/2020).

Wisata Jorong beach Galam Tanahlaut Tawarkan Panorama Alam Eksotis

Pemandangan Tak Biasa Bila Datang ke Jorong Beach Galam Tanahlaut

Jorong Beach Galam Tanahlaut, Pantai Eksklusif dengan Fasilitas Lengkap

Pantai Jorong Beach Galam berada di lingkungan kantor dan port (pelabuhan khusus) perusahaan penanaman modal asing dari Thailand tersebut. Sejak beberapa tahun silam perusahaan tambang ini secara khusus memoles bentang pantai setempat.

Bentang panjang pantai yang telah ditata lumayan panjang mencapai ratusan meter. Pada sisi kiri bangunan kafetaria di pesisir pantai tersebut bahkan telah sangat rindang oleh banyaknya tegakan pohon kayu pinus yang ditanam sejak beberapa tahun silam.

Itu sebabnya pohon pinus yang memagari dan memayungi Pantai Jorong Beach Galam tertata rapi larikannya dan jaraknya serta jarak antarpohonnya. Kayu khas hutan tropis itu tumbuh subur, ketinggiannya ada yang telah mencapai 20-an meter.

Banyaknya tegakan vegetasi itu membuat udara di pesisir pantai setempat menjadi sejuk. Pengunjung pun betah berlama-lama bersantai di pantai tersebut, apalagi yang duduk santai di gazebo mau di kafetaria.

"Dari sekian pantai yang pernah saya kunjungi, saya teramat betah berlama-lama di pantai di lingkungan PT JBG itu. Ya karena memang lingkungannya tertata asri dan fasilitasnya lengkap sehingga orang yang datang benar-benar termanjakan," ucap Riyanto, warga Angsau, Pelaihari, Selasa (7/4/2020).

Ia berharap kelak ketika perusahaan tambang tersebut telah mengakhiri aktivitas dan seluruh aset telah berpindah ke tangan Pemkab Tala, wisata pantai tersebut langsung dibuka untuk masyarakat umum. Pasalnya, sementara ini masih bersifat inklusif atau hanya bagi kalangan tertentu yakni mitra kerja pihak perusahaan terutama dari kalangan pemerintahan.

Dirinya yakin pantai tersebut kelak dapat menjadi objek wisata pantai eksklusif atau ikon wisata pantai di Bumi Tuntung Pandang. Pastinya bakal menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah yang potensial karena bisa dikembangkan sebagai wisata ekslusif.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Royan Naimi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved