Pengrajin Gerabah Desa Bayanan

Konversi Minyak Tanah Sempat Membuat Pengrajin Gerabah Desa Bayanan HSS Terseok

Inovasi produk yang tak lagi hanya mengandalkan tungku dan panai, membuat pengrajin setempat berhasil bangkit setelah sempat terseok

Konversi Minyak Tanah Sempat Membuat Pengrajin Gerabah Desa Bayanan HSS Terseok
banjarmasinposttravel.com/hanani
Perajin gerabah di Desa Bayanan Kecamatan Daha Selatan, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, dengan aktivitas membuat aneka produk berbahan tanah liat, Senin (13/4/2020). 

BANJARMASINPOSTTRAVEL.COM, KANDANGAN - Keahlian para pengrajin gerabah di Desa Bayanan, Kecamatan Daha Selatan, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan membuat gerabah tak diragukan.

Mereka melakukannya secara turun temurun, sebagai pekerjaan sampingan.

Pekerjaan utama, tetaplah bertani, mencari ikan serta usaha produktif lainnya.

Inovasi produk yang tak lagi hanya mengandalkan tungku dan panai, membuat pengrajin setempat berhasil bangkit setelah sempat terseok, setelah program konversi minyak tanah ke kompor gas program pemerintah pusat beberapa tahun lalu.

Sasar Menengah ke Atas, Pengrajin Gerabah Desa Bayanan HSS Berinovasi dengan Produk ini

Pengrajin Gerabah Desa Bayanan HSS Sering Menerima Pesanan dari Luar Derah

Adalah Ramli, yang mengaku bisa bertahan dan sampai sekarang berhasil mengembangkan usahanya.

Bahkan pada 2019 lalu, Ramli berhasil bekerjasama dengan mitra usaha di Banjarmasin yang mengirim produk gerabah ke luar pulau, seperti Bali.

“Tahun 2019, lebih 1.000 produk gerabah saya pasok ke mitra usaha tadi untuk dikirim ke Bali,”ungkap Ramli, yang saat ditemui sedang membuat replika buah semangka berukuran besar.

Menurutnya, biasanya gerabah berbentuk buah-buahan, ikan dan sayur dibeli pemilik usaha rumah makan serta untuk keperluan lainnya, termasuk untuk pajangan di rumah.

Namun, diakui di tengah wabah virus corona seperti sekararang, pengiriman tersendat, karena terbatasnya penerbangan ke luar daerah.

(banjarmasinposttravel.tribunnews.com/hanani)

Ikuti kami di
Editor: Royan Naimi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved