Pengrajin Gerabah Desa Bayanan

Sasar Menengah ke Atas, Pengrajin Gerabah Desa Bayanan HSS Berinovasi dengan Produk ini

Mereka tak lagi hanya mengandalkan tungku dan panai, tapi sudah membuat produk lain berupa celengan dengan bentuk lebih bervariasi

Sasar Menengah ke Atas, Pengrajin Gerabah Desa Bayanan HSS Berinovasi dengan Produk ini
banjarmasinposttravel.com/hanani
Perajin gerabah di Desa Bayanan Kecamatan Daha Selatan, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, dengan aktivitas membuat aneka produk berbahan tanah liat, Senin (13/4/2020) 

BANJARMASINPOSTTRAVEL.COM, KANDANGAN - Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, terkenal dengan pusat industri kerajinan.

Selain pengrajin aksesoris emas, perak dan pandai besi di wilayah perairan rawa tersebut terdapat Kampung pengrajin gerabah.

Namanya, Desa Bayanan.

Jika dulu Kampung ini hanya dikenal sebagai pengrajin gerabah dengan produk tungku (warga setempat menyebutnya dapur) dan panai (alat penutup Loyang saat membuat kue), kini para pengrajin setempat telah melakukan berbagai inovasi produk.

Mereka tak lagi hanya mengandalkan tungku dan panai.

Tapi sudah membuat produk lain berupa celengan.

Syahid Mengais Rezeki di RTH Rantau Baru Tapin dengan Menjual Makanan ini

Wisata Jorong beach Galam Tanahlaut Tawarkan Panorama Alam Eksotis

Celengan dibuat dengan bentuk lebih bervariasi.

Berbentuk guci, aneka buah-buahan, boneka tokoh animasi dan tokoh kartun, sSeperti dora emon, hello kitty, spongebob, angry bird, dora serta bentuk lainnya.

Sedangkan bentuk binatang, seperti ayam-ayaman, ikan, kucing dana lainnya.

Diakui pengrajin, produk baru inovasi itu, sebenarnya bukan kebutuhan rumah tangga, tapi barang pajangan, dengan sasaran masyarakat menengah ke atas.

“Beda dengan tungku dan panai, sasarannya masyarakat perdesaan, yang masih memasak secara tradisional,” ungkap Ramli, salah satu perajin tungku dapur, panai, celengan aneka bentuk serta barang pajangan lainnya berbentuk buah durian, semangka, serta bentuk lainnya.

Sedangkan Ernawati, pengrajin lainnya mengaku lebih membuat produk aneka replika buah dan sayur serta tokoh kartun dan animasi dari ukuran kecil hingga jumbo, karena peminatnya cukup banyak.

(banjarmasinposttravel.tribunnews.com,/hanani)

Ikuti kami di
Editor: Royan Naimi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved