Taman Pasuk Kameloh Palangkaraya

Masjid Darul Amin Taman Pasuk Kameloh akan Dilengkapi Menara yang Bisa Digunakan untuk ini

Salah satu bangunan yang akan dibangun lagi untuk melengkapi Masjid Darul Amin tersebut adalah menara masjid

Masjid Darul Amin Taman Pasuk Kameloh akan Dilengkapi Menara yang Bisa Digunakan untuk ini
banjarmasinposttravel.com/fathurahman
Taman Pasuk Kameloh Palangkaraya 

BANJARMASINPOSTTRAVEL.COM, PALANGKARAYA - Pembangunan Kawasan Water Front City di bantaran Sungai Kahayan, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, merupakan wujud dari impian Presiden Soekarno saat meletakkan tiang pancang pembangunan Kota Palangkaraya sebagai Ibu Kota Kalteng tahun 1957 silam.

Penulis buku Soekarno dan Desain Rencana Ibu Kota RI Kota Palangkaraya, Wijanarko, yang juga Dosen Senior Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur, Universitas Palangkaraya, mengungkapkan, Kalimantan Tengah menjadi salah satu opsi wacana pemindahan Ibu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia sejak lama.

Soekarno ingin menjadikan ibu kota negara melalui pembangunan awal Kota Palangkaraya.

Saat pemasangan tiang pancang Tugu pendirian Kota Palangkaraya, pesiden pertama RI menghendaki agar kawasan Bantaran Sungai Kahayan ditata secara apik.

Ada di Tengah Kota, Taman Pasuk Kameloh, Tempat Favorit Warga Palangkaraya

Warga Palangkaraya Lebih Suka ke Taman Pasuk Kameloh di Malam Hari karena Keindahan ini

Bangunannya Unik, Masjid Darul Amin Dibangun Sebelum Ada Taman Pasuk Kameloh Palangkaraya

Soekarno menghendaki agar di bantaran Sungai Kahayan dibagun taman yang indah, jangan ada permukima di sepanjang bantaran Sungai Kahayan agar malam hari akan tampak kerlap-kerlip lampu dari taman .

Cita-cita inlah salah satu yang ingin di wujudkan oleh Pemerintah Kota Palangkaraya dengan membangun sejumlah tempat monumental seperti Taman Tugu Soekarno dan Taman Pasuk Kameloh dilengkapi bangunan masjid Darul Amin yang indah dan Jembatan Kahayan.

"Memang jika dilihat dari tata letak bangunan taman Pasuk Kameluh dan Tugu Soekarno juga Jembatan Kahayan, serta Masjid sangat tertata dengan baik untuk titik-titik lokasi pembangunannya. Ketika pengunjung datang bisa langsung menikmati taman Pasuk Kameluh dan bangunan lainnya, yang berdekatan," ujar Hafid salah satu pengunjung.

KEPALA Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Palangkaraya, Imbang Triatmadji, mengatakan, pihaknya terus membenahi fasilitas yang ada untuk mendukung Taman Pasuk Kameloh.

Demikian juga sebut dia dengan Masjid Darul Amin yang ada di Taman juga akan terus dibenahi..

Salah satu bangunan yang akan dibangun lagi untuk melengkapi Masjid Darul Amin tersebut adalah menara masjid yang cukup tinggi agar bisa dipakai untuk melihat Hilal saat penentuan Awal Ramadan dan Idul Fitri.

"Fasilitas yang selama ini kurang di taman akan kami penuhi termasuk rencananya akan membangun kandang untuk binatang rusa di bantaran Sungai Kahayan, ini sudah kami programkan kedepannya," ujarnya.

banjarmasinposttravel.tribunnews.com / faturahman

Ikuti kami di
Editor: Royan Naimi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved