Agrowisata KRPL Anggrek Banjarmasin

Agrowisata KRPL Anggrek Banjarmasin Berdayakan Lahan Kosong dengan Sistem ini

Semua pengelolaan dikerjakan oleh 30 anggota kelompok, satu orang mendapat 75 polybag

Agrowisata KRPL Anggrek Banjarmasin Berdayakan Lahan Kosong dengan Sistem ini
banjarmasinposttravel.com/mariana
Suasana di Agrowisata KRPL Anggrek, para anggota memetik sayur yang sudah panen 

BANJARMASINPOSTTRAVEL.COM, BANJARMASIN - Berbagai jenis tanaman tampak rindang tumbuh di atas pot dan polybag warga di kawasan Jalan Belitung Gang Sambung Rasa Kelurahan Kuin Cerucuk Banjarmasin Barat.

Berbekal hobi bercocok tanam, warga RT 11 Kuin Cerucuk tersebut menyulap kawasan kampung padat penduduk menjadi Agrowisata Kelompok Rumah Pangan Lestari (KRPL) Kelompok Wanita Tani (KWT) Anggrek.

Sepanjang gang menuju masuk KRPL Anggrek tampak nuansa hijau dan pemandangan berbagai jenis tanaman mulai dari cabai dan varian bunga-bunga tampak rimbun dan tertata rapi di depan rumah-rumah warga.

Di lahan yang tidak begitu luas kurang lebih 30 meter persegi, tanah kosong dengan sistem pinjam pakai digunakan dalam jangka waktu empat tahun untuk kegiatan bercocok tanam sejak dua tahun lalu.

Tanaman Sayur di Agrowisata KRPL Anggrek Banjarmasin Bisa Dipanen Kapan Saja

Pemandangan ini Menyegarkan Mata Sepanjang Gang Menuju Agrowisata KRPL Anggrek Banjarmasin

Ini Jenis Sayuran dan Bunga yang Ditanam di Agrowisata KRPL Anggrek Banjarmasin

Ketua KRPL Anggrek, Faridah menuturkan, awalnya ia dan warga sekitar berkeinginan mengembangkan hobi bercocok tanam agar menjadi lebih besar dan berpotensi bisnis.

"Lingkungan kami ternyata dilirik oleh Dinas Pertanian Kota Banjarmasin, saat itu sebagai syarat mendapat bantuan kami harus membentuk kelompok maka terbentuklah KRPL Anggrek ini. Setelah terbentuk Dinas Pertanian Kota Banjarmasin mengajukan kami ke Dinas Pertanian Provinsi Kalsel untuk mendapatkan dana bantuan," jelasnya.

Kala itu KRPL Anggrek mendapatkan kucuran dana senilai Rp 50 juta. Dana tersebut digunakan untuk rumah bibit, kebun, dan tanaman pekarangan di lahan yang berlokasi di Gang Sambung Rasa Kuin Cerucuk.

Semua pengelolaan dikerjakan oleh 30 anggota kelompok, satu orang mendapat 75 polybag yang kemudian dibudidayakan secara bersama-sama. Sayur-sayur yang ditanam yakni cabai, tomat, kacang panjang, timun, keladi, singkong, pisang, ada pula rempah-rempah di antaranya jahe, kunyit, kencur, dan laos. Selain itu ada juga berbagai jenis bunga-bungaan.

Di 2020 ini diakuinya terdapat penambahan anggota KRPL Anggrek sebanyak 10 orang, disertai tambahan dana bantuan senilai Rp 15 juta.

"Semua tanaman sayur yang ditanam tidak mengenal musim jadi bisa panen kapan saja dalam rentang waktu 3-4 bulan. Namun kendalanya saat musim hujan tanah busa tergenang karena cukup rendah," kata dia.

Sayur dan Bunga di Agrowisata KRPL Anggrek Banjarmasin Punya Keunggulan ini

Setiap Anggota KRPL Anggrek Banjarmasin Menjual Bibit Tanaman Dibanderol Segini

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Royan Naimi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved