Bangun Hutan Jadi Tempat Wisata

Tak Hanya Bermain, di Outbond Hutan Dishut Kalteng Juga Bisa Belajar Mengenal Pohon Langka

Kawasan Wisata Padang Himba Adventure tak hanya menjadi tempat bermain. Tetapi, juga bisa belajar mengenal pohon langka

Tak Hanya Bermain, di Outbond Hutan Dishut Kalteng Juga Bisa Belajar Mengenal Pohon Langka
banjarmasinpost.co.id/fathurahman
Outbond Padang Himba di kawasan Kantor Dishut Kalteng selalu ramai dikunjungi warga. Di tempat ini, kita juga bisa belajar mengenal pohon-pohon langka. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOSTTRAVEL.COM, PALANGKARAYA - Kawasan Wisata Padang Himba Adventure di Hutan Kawasan Kantor Dinas Kehutanan Kalimantan Tengah, di Jalan Yos Soedarso Bundaran Besar Palangkaraya launching perdana tanggal, 1 Juli 2018.

Semenjak beroperasi, kini  Kawasan Wisata Padang Himba Adventure sudah direspon positif banyak kalangan.

Betapa tidak, kawasan hutan yang ada di Lingkungan Kantor Dinas Kehutanan Kalteng yang berada di simpang jalan Imam Bonjol dan Jalan Yos Soedarso ini, sudah dirancang dengan apik oleh pengelolanya adalah Dinas Kehutanan Kalteng, sehingga memang banyak menarik perhatian warga setempat untuk datang ke lokasi tersebut.

Meskipun, saat Pandemi Covid-19 saat ini operasional outbound tersebut istirahat sejenak, banyak warga yang menunggu operasional kembali lokasi wisata alam tempat bermain outbound anak-anak tersebut, karena selain tarif bermain murah, dan lokasinya berada di jantung kota, dekat dengan pusat keramaian di Palangkaraya.

Setahun Beroperasi, Kini Pengunjung Outbond Padang Himba Juga ada dari Luar Palangkaraya

Serunya Bermain Outbond di Kantor Dishut Kalteng, Bisa Berburu Kuliner

Tarif Wahana Outbond di Hutan Kantor Dishut Kalteng Murah, Cukup Bayar Segini

Kawasan wisata alam ini, mudah dijangkau dan kawasan tersebut masuk kawasan dalam Kota Palangkaraya yang sudah biasa banyak di datangi warga Palangkaraya terutama saat hari libur pada hari Minggu pagi, biasanya ada ribuan warga yang tumplek di lokasi Bundaran Besar Palangkaraya.

Ini menjadi potensi besar yang telah diperhitungkan pihak Dinas Kehutanan untuk memanfaatkan hutan yang merupakan contoh hutan yang dibuat oleh lembaga tersebut, agar bisa dimanfaatkan sebagai hutan wisata kota, dengan dijadikan sarana bermain outbound bagi anak-anak.

Kepala Dinas Kehutanan Kalteng Sri Siswanto, dalam beberapa kesempatan wawancara dengan wartawan, mengatakan, pihaknya akan terus melakukan terobosan dalam upaya menambah pendapatan asli daerah dalam sektor kehutanan tersebut terutama memanfaatkan hutan kemasyarakatan sehingga menghasilkan PAD.

Mengenal Pohon Langka

PEMBANGUNAN Outbound di kawasan lahan hutan Kantor Dinas Kehutanan Kalimantan Tengah bagi pengunjung yang datang kelokasi tersebut dijadikan sebagai tempat wisata sekaligus tempat belajar bagi anak-anak.

Karena Padang Himba Adventure ini, lokasinya sangat dekat dengan jantung kota dan pusat keramaian, sehingga seperti hutan yang ada di dalam kota.

Di tempat ini banyak tanaman langka dan dilindungi yang ada di kawasan tersebut sehingga pengunjung juga bisa belajar mengetahui pohon yang dlindungi tersebut.

Seperti pohon ulin, bengkirai , dan berbagai jenis pohon besar lainnya yang ada di kawasan hutan di Kantor Dinas Kehutanan tersebut, semuanya diberikan nama oleh pengelolanya sehingga anak-anak yang datang bukan hanya sekadar bermain outbound saja.

Punya Banyak Wahana, Outbond di Hutan Kantor Dishut Kalteng Jadi Tempat Uji Nyali Anak

Mudah Dijangkau, Outbond di Hutan Dishut Kalteng Selalu Ramai

Mereka juga sembari mempelajari dan mengenal jenis pohon yang belum pernah mereka temukan sebelumnya, sehingga ini juga ga menjadi pengetahuan bagi kalangan remaja dan anak-anak yang datang dan bermain di kawasan tersebut.

"Ketika saya ke outbound itu juga bisa belajar nama latin dari beberapa pohon.Apalagi di lokasi itu banyak tempat duduknya dan ada juga pondokan untuk belajar, yang disiapkan oleh pengelolanya. Kami bisa bermain sambil belajar di lokasi tersebut," ujar Yati salah satu anak yang berkunjung ke lokasi wisata tersebut, belum lama tadi. (banjarmasinposttravel.tribunnews.com / Faturahman)

Ikuti kami di
Editor: Royan Naimi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved