Melongok Mageli Makanan Khas Martapura

Usahanya Dilakukan Sudah 30 Tahun dan Turun Temurun

Mageli bukan hanya dibuat di Martapura Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Nama camilan Mageli juga dibuat dan menjadi makanan khas daerah lain

Usahanya Dilakukan Sudah 30 Tahun dan Turun Temurun
BANJARMASINPOSTGROUP/MILNASARI
LEZAT-Camilan Mageli adalah salah satu makanan tradisional khas Kota Intan ini. 

Editor: Edi Nugroho

Banjarmasinpost.co.id, Martapura - Mageli bukan hanya dibuat di Martapura Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Nama camilan Mageli juga dibuat dan menjadi makanan khas daerah lain.

Namun yang membedakan mageli Martapura dengan daerah lain adalah berbahan seratus persen kacang Nagara. Kacang putih diblender hingga halus kemudian diberi bumbu bawang merah dan bawang putih dan adas manis.

Setelah semua diblender dengan campuran air, adonan yang mirip dengan adonan perkedel jagung, digoreng kecil-kecil. Sebagian juga menambahkan tepung dan telur.

Harganya Murah Sekali Cuma Rp 500, Kaya dengan Protein

Hingga kini, masih banyak pedagang Mageli yang masih bertahan, salahsatunya tahun Nursiah, Warga Desa Pasayanagn, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar ini sudah 30 tahun menekuni menjadi pedagang mageli, bahkan dirinya sudah sangat mahir dalam mengolah mageli.

“Ini usaha turun temurun, kalau saya saja sudah 30 tahunan berjualan mageli, kita membuka warung dari pagi hingga malam,” ucapnya, saat ditemui Banjarmasinpost.co.id Senin (01/06/2020).

Dalam sehari, Nursiah dapat membuat dan menjual mageli sebanyak puluhan kilo, karena mayoritas masyarakat Martapura masih menggemari mageli ini untuk menajdi lauk makan.

Camilan Ini Tepat Dijadikan Pengganti Lauk oleh Warga

“Harga satunya Rp 500, biasanya pelanggan membeli mageli ini untuk lauk makan nasi, ketupat, lontong, bahkan hanya nyemil megeli,” ungkapnya.

Dijelaskannya, bahan utama untuk membuat megeli adalah kacang kedelai, dan bahan utama tersebut sangat mudah ditemukan dikawasan pasar martapura.

“Saat ini harganya 20 ribu perkilo, selalu naik harganya. Tapi kita tidak ikut menaikan harga jual magelinya,” tuturnya.
Banjarmasinpost.co.id/milna sari

Ikuti kami di
Editor: Royan Naimi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved