Wisata Perkantoran Pemprov Kalsel

Berarsitek Tradisional Banjar dan Dilengkapi Ribuan Tanaman Langka

Kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru memang menarik dikunjungi.

banjarmasinposttravel.tribunnews.com/ salmah saurin
Kantor di lingkungan perkantoran Setda Provinsi Kalsel 

Penulis: Salmah Saurin

banjarmasinposttravel.tribunnews.com- Kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru memang menarik dikunjungi. Penataan gedung kantor-kantor berarsitek tradisional Banjar dan kondisi jalan yang rapi dengan empat bundaran, sungguh memikat perhatian.

Apalagi di sana memang ada beberapa destinasi wisata yaitu area Hutan Kota (Forest City) dan Kebun Raya Banua dengan ribuan tanaman langka.

Kesejukan dan Kedamaian di Hutan Kota Kawasan Gubernuran

Pemindahan perkantoran Pemprov Kalsel dari Banjarmasin ke Banjarbaru dilakukan semasa Gubernur Kalsel Rudy Ariffin dan Wakil Gubernur H Rudy Resnawan yang menjabat dua periode (Rudy Arifin) yaitu i bandingkan Kota Banjarmasin.

Kota Banjarbaru memang lebih luas dari Banjarmasin, topografinya berbukit-bukit juga memudahkan pembangunan gedung. Makanya sejak dulu sudah ada wacana pemindahan ibukota ke Banjarbaru.

Semula ada beberapa pilihan lokasi pemindahan perkantoran di antaranya Guntung Upih, Loktabat, Sungai Ulin dan Gunung Kupang. Akhirnya terpilih Guntung Upih di Kecamatan Cempaka.

Menikmati Aneka Tanaman Langka di Kebun Raya Banua

Program pembangunan perkantoran dan penataan kawasan di area seluas 500 hektar itu terus dikerjakan bertahap hingga tahun 2025.

Selain kantor Setdaprov dan SKPD Pemprov Kalsel juga sudah dibangun kantor instansi vertikal yang memiliki lahan di situ yakni BP3TKI Banjarbaru, BPOM, Pengadilan Tinggi, Lapas dan lainnya. Bahkan Polda Kalsel dan Kejaksaan Tinggi Kalsel juga bakal pindah ke kawasan ini.

Mau Refresh, Gampang, Banyak Jalan Menuju Gubernuran

Menurut Budi, warga Guntung Payung, Banjarbaru, jika kita melihat dari udara, sebagaimana pengalamannya naik pesawat dari Bandara Syamsudin Noor, maka kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel ini membentuk seperti rasi bintang.

"Bundaran-bundaran jalan yang menghubungkan beberapa titik jalan dan area kantor itu dilihat dari atas saat naik pesawat terbang seperti rasi bintang, tapi bisa juga terlihat seperti segitiga menangkup layaknya intan atau permata," ungkapnya.

NEWSVIDEO, Ingin Berwisata Sambil Belajar, Yuk ke Menara Pandang Banjarmasin

Makanya tak heran, bagi wisatawan yang sempat menengok dari balik jendela pesawat akan spontan ingin melihat dari dekat.

"Foto udara kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel ini juga bisa kita lihat di beberapa situs di internet. Bagus sekali," pungkasnya. (banjarmasinposttravel.tribunnews.com/salmah saurin)

Ikuti kami di
Editor: Royan Naimi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved