Makam Sultan Suriansyah

VIDEO Peziarah Mulai Mengunjungi Makam Sultan Suriansyah di Kuin Banjarmasin

Pembukaan resmi dimulai doa bersama yang dipimpin pihak pengurus. Setelah itu pagar dibuka dan pengunjung atau peziarah diperbolehkan masuk.

BANJARMASINPOSTTRAVEL.COM, BANJARMASIN - Ditutup kurang lebih tiga bulan sejak Maret 2020 lalu, Komplek Makam Sultan Suriansyah berlokasi di Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) resmi dibuka, Kamis (18/6/2020).

Tampak masyarakat sekitar dan peziarah lainnya di kawasan Kuin Utara, hadir menyaksikan pembukaan kembali Komplek Makam Sultan Suriansyah yang merupakan raja Banjar pertama yang memeluk Islam.

Ketua Harian dan Pengelola Kompleks Makam Sultan Suriansyah, H Achmad Yamani mengatakan, tidak ada persiapan khusus dalam mempersiapkan pembukaan kembali wisata religi ini.

VIDEO Lokasi Wisata Viral di Mahang Paku, HST, Ramai Sejak Musim Pandemi

VIDEO Taman Kamboja Banjarmasin, Mari Kunjungi dan Berwisata Virtual Lewat Sini 

"Meskipun sudah dibuka kami mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan anjuran pemerintah, yakni memakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah berziarah," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Pembukaan resmi dimulai doa bersama yang dipimpin pihak pengurus. Setelah itu pagar dibuka dan pengunjung atau peziarah diperbolehkan masuk.

Suasana dan kondisi pemakaman tampak bersih dan asri. Setelah pembukaan, dilakukan pembacaan doa haul dilanjutkan makan bersama. Kuliner yang dihidangkan yakni nasi samin dan berbagai jenis kue.

Mengenai jam operasional Komplek Makam Sultan Suriansyah, dikatakan Achmad akan kembali normal seperti biasa buka dari siang hingga malam hati atau tidak ada batasan tertentu.

Jumlah peziarah pun tidak dibatasi namun wajib terapkan protokol kesehatan. Demi tetap sesuai protokol yang dianjurkan, pihaknya telah mempekerjakan satu penjaga untuk mengatur peziarah.

Ketua Biro Hukum Komplek Makam Sultan Suriansyah, Habib Muhammad Hamdani Alkaf menuturkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan penegak hukum mengenai pembukaan kembali makam Sultan Suriansyah.

"Sebelumnya kami sudah sampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada instansi pemerintahan dan Polda serta Polres untuk pembukaan ini, dan tentunya tetap mengedepankan protokol kesehatan," ucapnya.

(Banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Mariana)

Ikuti kami di
Editor: Royan Naimi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved