Wisata Air Terjun

Melihat Keindahan Air Terjun KM 20 Tanbu, Alami dan Mempesona

Tempat Wisata saat ini menjadi buruan masyarakat lantaran lama di rumah saja efek dari pandemi Covid-19.

banjarmasinposttravel.tribunnews.com/man hidayat
WISATA-Wisata air terjun KM 20 Desa Mekarsari, Kecamatan Simpangempat, Tanahbumbu Provinsi Kalimantan Selatan. 

Editor: Edi Nugroho

banjarmasinposttravel.tribunnews.com/man hidayat - Tempat Wisata saat ini menjadi buruan masyarakat lantaran lama di rumah saja efek dari pandemi Covid-19.

Belakangan ini, ada wisata air terjun yang viral di Kabupaten Tanahbumbu. Ditengah tutupnya tempat wisata, ada air terjun yang terbuka lebar untuk dikunjungi msyarakat belakangan ini.

Media sosial ramai dengn adanya air terjun tersebut yakni Wisata Air Terjun KM 20 Desa Mekarsari Kecamatan Simpangempat Tanahbumbu Provinsi Kalimantan Selatan.

Wisata Air Terjun KM 20 Kodeco Masih Alami dan Belum Ada Yang Mengelola

Air terjun ini ramai dikunjungi, bahkan menjadi tempat yang nyaman dikunjungi karena alam sekitarnya masih alami meski berada di areal perusahaan perkebunan sawit di Kabupaten Tanahbumbu.

Pengujungnya mulai ramai dan dicari-cari oleh penggila wisata di Tanahbumbu. Wisata air terjun ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Batulicin Kabupaten Tanahbumbu. Dari Batulicin menuju menuju KM 1 Kodeco hanya sekitar 10 menit. Lanjut, ke jalan Kodeco dan sampai Simpangtiga SPBU lanjut lurus ke arah KM 20 Mekarsari sekitar 30 menit.

Selanjutnya, sesampainya di KM 20, ada jalan tanah belok ke kanan yang disampingnya adalah perkebunan sawit. Dalam perjalanan itu hanya sekitar 2 KM mengunakan sepeda motor.

Ada satu titik, jembatan batang saja karena memang merupakan jalan alternatif sehingga hanya bisa dilewati sepeda motor. Sebab jalan utamanya berada di KM 22 ada pos security perusahaan jhonlin grup, dan mobil bisa masuk sampai wisata air terjun, bagi mobil yang mampu.

Menuju Lokasi Air Terjun KM 20 Tanbu Bisa Ditempuh dengan Sepeda Motor


Namun dalam perjalan itu, juga disuguhkan pemandangan ailiran sungai dan pepohonan sawit yang ada disekitarnya hingga lokasi air terjun tiba.

Setelah sampai lokasi, kita akan disuguhkan pemandangan alami wisata Air Terjun KM 20 Tanbu.

Keindahan Air Terjun KM 20 Tanahbumbu, masih terbilang terjaga. Karena lokasinya masih banyak pepohonan meski dikelilingi kebun sawit.

Saat ini, wilayah wisata Air Terjun dengan ketinggian 3 hingga 4 meter itu, masih terlihat asri, airnya pun masih terbilang bersih dan tidak bercampur tanah merah sehingga masih terjaga.

Kawasan air Terjun ini terbilang masih nyaman. Sesuai pantauan banjarmasinpost.co.id, Rabu (15/7/2020), airnya masih terjaga bahkan banyak ikan-ikan di air terjun tersebut.

Di bawah air terjun, dibawahnya persis seperti kolam yang kedalamannya bisa mencapai 2 hingga 3 meter. Sehingga, aman saat melompat dari atas.

Sejumlah pengunjung juga sempat datang meski cuaca tidak terlalu mendukung. Namun mereka tetap berkunjung karena ingin menikmati air terjun dan berenang bersama rekan-rekannya.

Mengunjungi Wisata Viral, Air Terjun KM 20 Eks Kodeco Tanbu Ramai Dikunjungi Masyarakat


"Air terjunnya asik, dan jaraknya juga tidak terlalu susah untuk dijangkau. Kami dari KM 1 Kodeco, jadi cukup dekat lah kesininya cuma sekitar 30 menit, sudah sampai," kata Reno Cs saat berada di air terjun.

Dia sudah beberapa kali ke air terjun tersebut dalam satu bulan terakhir. Dia mengetahui kabar adanya air terjun pertama kali dari teman dan media sosial. Sehingga, langsung ke lokasi dengan mencari tahu dan diantar teman yang pernah datang ke air terjun itu.

"Pokoknya pas lah, untuk penikmat alam seru-seruan disini, nyaman," katanya.

Hanya saja, belum ada petunjuk jalan ke lokasi air terjun itu. Tak heran bila sebelumnya, sempat ada beberapa orang yang tersesat karena salah belok menuju wisata air terjun itu.

Belum ada penunjuk jalan sehingga orang tidak tahu sama sekali, bakal kesulitan untuk menuju lokasi bila tidak ada rekan yang membawa meski lokasinya tidak begitu jauh.

Wisata Gunung Timah, Objek Wisata Sejarah Sebelum Menuju ke Pantai Batakan Tanahlaut


" Kemarin pas ramai-ramai kesana sana, ada saja yang kelewatan karena tidak tahu jalan. Saat teman yang lain sudah belok ke tikungan arah air terjun, yang dibelakng terpaksa harus dicari," kata Dian, yang belum lama ke lokasi air terjun.

Dia berharap, pihak terkait agar bisa memsang petunjuk arah. Sebab, jalannya masih sulit untuk ditemui dan berada dijalan kebun sawit.

"Kurangnya di rambu-rambu penunjuk jalan. Apalagi tidak ada orang tempat bertanya disana, sulit sekali," katanya.

Selain itu, ada pula keprihatinan saat tiba diarea air terjun KM 20 ini. Ada sejumlah, sampah-sampah bekas plastik yang masih berserakan oleh pengunjung yang suka membuang sampah sembarangan.

Terlihat sejumlah sampah plastik makanan, bekas pop mie dan sejumlah plastik makanan lainnya.

"Sangat disayangkan, wisata alam seperti ini masih saja ada yang buang sampah sembarangan," kata Azkal pengunjung air terjun.

Dia berharap, pengunjung yang datang ke air terjun itu bisa lebih cinta alam dan menjaganya. Karena sangat tidak elok dilihat dan bisa merusak keindahan alam.

Objek Wisata Bukit-bukit Sepanjang Jalan Menuju Pantai Batakan ini Sajikan Pemandangan Elok

Sayangnya, dalam hal pemgelolaan belum dikelola dengam baik. Pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Tanahbumbu, juga belum bisa memberikan komentar terkait wisata alam yang berada di daerah perkebunan sawit tersebut. Namun, dinas juga sudah mengetahui informasi wisata air terjun tersebut saat viral dimedia sosial.

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Tanbu, Arif Hidayat, saat dihubungi banjarmasinpost.co.id, pada Rabu (15/7/2020) saat ditanya apakah apakah akan dikelola pemerintah daerah, juga tak memberikan tanggapam persoal wisata air terjun ini. (banjarmasinposttravel.tribunnews.com/man hidayat)

Ikuti kami di
Editor: Royan Naimi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved