Museum Wasaka

Mengunjungi Museum Wasaka di New Normal

Penerapan new normal atau adaptasi kebiasaan baru telah digaungkan sejak Juni 2020 lalu. Sejumlah aktivitas perkantoran dan tempat-tempat umum mulai

Banjarmasinpost.co.id/Mariana
Situasi terbaru Museum Wasaka di new normal. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Penerapan new normal atau adaptasi kebiasaan baru telah digaungkan sejak Juni 2020 lalu. Sejumlah aktivitas perkantoran dan tempat-tempat umum mulai beroperasi kembali.

Berbeda dengan sejumlah fasilitas umum yang sudah dibuka, Museum Waja Sampai Kaputing (Wasaka) yang masih ditutup untuk umum.

Duta Museum Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rachmat Ramadhan menjelaskan, pihaknya belum membuka Museum Wasaka untuk karena khawatir belum mampu menerapkan protokol kesehatan.

"Ruangan di Museum Wasaka terlalu sempit dan kami nilai masih belum bisa menjalankan sesuai protokol kesehatan. Karena itu kami belum berani membuka untuk umum," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Kamis (13/8/2020).

Bergaya Arsitektur Rumah Adat Banjar, Museum Wasaka Banjarmasin Berbentuk Bubungan Tinggi

Diakuinya rencana pembukaan kembali masih belum ditentukan seiring kasus Covid-19 yang masih bertambah di Kota Seribu Sungai.

Kendati demikian, apabila kegiatan belaja mengajar di sekolah atau tatap muka kembali dilaksanakan yang mengindikasikan pandemi sudah landai dan akan berakhir pihaknya pun kemungkinan juga akan membuka kembali Museum untuk umum.

Museum Wasaka sendiri berlokasi di Jalan Kampung Kenanga, Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan Kode Pos 70122.

Museum Wasaka adalah museum perjuangan yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Wasaka adalah singkatan dari Waja Sampai Kaputing yang maknanya besi sampai keujung, yang merupakan semboyan Pahlawan Nasional Divisi ALRI Kalimantan Selatan, Hasan Basri dengan kalimat Haram Manyarah Waja Sampai Kaputing, bermakna berjuang sampai titik darah penghabisan. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Ikuti kami di
Editor: Royan Naimi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved