Wisata Tahura Sultan Adam

Wisata Tahura Sultan Adam, Inilah Destinasi Cukup Menarik

Bila ingin berkunjung ke Taman Hutan Rakyat (Tahura) Sultan Adam Mandiangin di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, cukup banyak obyek wisata yang

banjarmasinposttravel.tribunnews.com/ syaiful anwar
Salah satu spot untuk berfoto pecinta berselfie di Tahura Sultan Adam 

Editor: Edi Nugroho

banjarmasinposttravel.tribunnews.com- Bila ingin berkunjung ke Taman Hutan Rakyat (Tahura) Sultan Adam Mandiangin di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, cukup banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi.

Dijelaskan Kepala UPT Tahura Sultan Adam, Ainun Jariah, ada Agro wisata Mandiangin dengan luas 3 hektar dengan beragam tanaman buah-buahan seperti durian, rambutan dan sebagainya.

Pengunjung dapat memetik dan memakan buah langsung ditempat jarak tempuh sekitar 1,7 km dari loket retribusi.

Wisata Tahura Sultan Adam, Ada Penangkaran Rusa di Sini

Wisata Tahura Sultan Adam Bak Berada di Negeri Awan

Selanjutnya Plaza Mandiangin yang merupakn Area lapangan yang bisa digunakan untuk aktivitas atau kegiatan seperti family gathering, acara musik dan sebagainya.

Dilengkapi fasilitas area bermain anak-anak outbound shelter toilet dan warung wisata serta tempat parkir yang luas, jarak tempuh sekitar 200 meter dari loket retribusi.

Arboretum atau kebun botani adalah suatu lahan berbagai jenis tumbuhan yang ditunjukkan untuk keperluan koleksi penelitian dan konservasi serta sebagai sarana wisata dan pendidikan bagi pengunjung.

Ekowisata Mandiangin terdapat dua lokasi arboretum yaitu arboretum tanaman khas endemik Kalimantan seperti Ulin Meranti dan lain-lain dan arboretum bambu dengan 48 jenis bambu yang ada di Kalimantan. jarak tempuh sekitar 660 meter sampai 1, 6 km dari loket retribusi.

Juga ada kolam Belanda yaitu kolam renang yang terletak di pinggir jalan ini diresmikan pada tanggal 26 Februari 1939 oleh Gouverneur Van Borneo , Dr Bauke Jan (B.J) Haga. Kolam ini merupakan salah satu situs sejarah peninggalan Belanda yang berada di eco wisata Mandiangin sehingga kolam renang ini lebih dikenal dengan sebutan kolam Belanda.

Pengunjung dapat berenang atau sekedar merendam kaki sambil menikmati kesegaran air pegunungan dan kesejukan dari rimbunnya pepohonan terdapat fasilitas toilet dan kamar ganti, jarak tempuh sekitar 1,5 km dari loket retribusi.

Ada lagi tiga buah air terjun terdapat di Tahura Mandiangin yaitu mandin Putri kembar, mandin Putri dan mandin tirai Hujan yang merupakan spot favorit bagi keluarga dengan air yang bersih dan alami dari pegunungan, sehingga pengunjung dapat mandi dan bermain air tersedia juga toilet dan kamar ganti. Jarak tempuh sekitar 150 sampai 1600 meter dari lokasi retribusi. (banjarmasinposttravel.tribunnews.com/ syaiful anwar)

Ikuti kami di
Editor: Royan Naimi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved