Pulau Kupang

Jika Potensi Pulau Kupang Dikembangkan, Susur Sungai pun Menjadi Menarik

Potensi wisata Pulau Kupang di Kelurahan Pulau Kupang, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Editor: Royan Naimi
Foto KNPI Kapuas
Saat KNPI Kapuas dan Disbudpora melaksanakan kegiatan pengibaran bendera merah putih di Pulau Kupang menyemarakkan HUT ke-75 Kemerdekaan RI beberapa waktu lalu. 

Editor: Edi Nugroho

banjarmasinposttravel.tribunnews.com - Potensi wisata Pulau Kupang di Kelurahan Pulau Kupang, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Lokasinya berada di tengah DAS Kapuas. Asri dan sejuk, Pulau Kupang jadi habitat Bekantan, hewan endemik Kalimantan.

Menuju Pulau Kupang bisa ditempuh lewat jalur air. Menggunakan speed atau kelotok. Jarak tempuh tak begitu jauh dari Kota Kualakapuas, sekitar 20 menit.

Bisa jadi selain potensi wisata di Pulau Kupang, jika dikembangkan wisata susur sungai dengan tujuan Pulau Kupang akan menjadi menarik.

Pulau Kupang Kapuas Dipersiapkan Jadi Tempat Konservasi Bekantan

Camat Bataguh, Yan Saferiansyah, menyambut baik adanya rencana Pulau Kupang dijadikan destinasi wisata.

"Kami tentu mendukung potensi wisata Pulau Kupang di Kecamatan Bataguh dikembangkan," katanya.

Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Kapuas pun mulai melakukan rencana pengembangan mengangkat potensi wisata Pulau Kupang.

Bahkan direncanakan dan dipersiapkan Pulau Kupang sebagai kawasan konservasi Bekantan.

"Tentu ini bisa jadi potensi wisata luar biasa. Pulau Kupang dipersiapkan sebagai kawasan konservasi Bekantan," kata Kepala Disbudpora Kapuas, H Suparman, diwawancarai beberapa waktu lalu.

Pihak Disbudpora Kapuas pun beberapa waktu lalu telah survei ke Pulau Kupang dan sekitarnya.(banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Fadly SR)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved