Kedai Kopi Tomo

Mesin Kopi Pabrikan Nuova Simonelli Jadi Andalan Kedai Kopi Tomo

Untuk bisa mendapatkan cita rasa dari biji kopi tak hanya dipengaruhi faktor keterampilan, pengetahuan dan teknik sang barista saja.

banjarmasinposttravel.tribunnews.com
Kedai Kopi Tomo di Jalan MT Haryono, Kertak Baru Ulu, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Editor: Edi Nugroho

banjarmasinposttravel.tribunnews.com - Untuk bisa mendapatkan cita rasa dari biji kopi tak hanya dipengaruhi faktor keterampilan, pengetahuan dan teknik sang barista saja.

Namun faktor-faktor lain juga berpengaruh, termasuk kualitas biji kopi yang diolah dan juga alat dan mesin pengolahan kopi menjadi hal penting dan berpengaruh terhadap cita rasa minuman kopi.

Hal ini juga menjadi hal yang diperhatikan di Kedai Kopi Tomo yang berlokasi di Jalan MT Haryono, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Ada dua alat utama pengolahan kopi di Kedai Kopi Tomo, yaitu alat grinder atau penggiling biji kopi dan mesin pengolah kopi menjadi espresso.

Baca juga: Kedai Kopi Tomo Andalkan Kopi Jenis Robusta Lokal Indonesia

Menurut Barista Kedai Kopi Tomo, Maulana, kedua alat tersebut yang digunakan di Kedai Kopi Tomo berasal dari pabrikan yang sama yaitu Nuova Simonelli.

"Mesin kopinya ini dari Nuova Simonelli, termasuk grinder kopinya juga sama dari Simonelli," kata Maulana.

Karena menjadi salah satu alat yang paling penting di sebuah kedai kopi termasuk di Kedai Kopi Tomo, tak heran mesin kopi ini diletakkan di bagian utama meja barista.

Tak hanya secara fungsional sebagai alat pengolah espresso, mesin berwarna merah mengkilap ini pun memiliki unsur atraksi yang menarik.

Saat dioperasikan, terdengar suara semburan uap air, suara tetesan espresso dan ada pula aroma kopi yang ke luar saat pengolahan kopi dilakukan pada alat pengolahan kopi yang harganya mencapai puluhan juta rupiah tersebut.

Hal ini lah yang menjadi pemandangan dan hal menarik serta khas di sebuah kedai kopi termasuk di Kedai Kopi Tomo. (banjarmasinposttravel.tribunnews.com /Achmad Maudhody)

Ikuti kami di
Editor: Royan Naimi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved