Susur Sungai di Desa Penjaratan

Ketemu Bekantan Pagi atau Sore Saat Susur Sungai di Desa Panjaratan

Daya tarik utama dari susur sungai di Desa Panjaratan, Pelaihari adalah melihat langsung kera berhidung panjang atau yang biasa kita sebut Bekantan, y

Editor: Royan Naimi
Foto Richie untuk banjarmasinposttravel.tribunnews.com
Susur Sungai di Desa Penjaratan, Pelaihari Tanah Laut menggunakan kapal. 

Editor: Edi Nugroho

banjarmasinposttravel.tribunnews.com- Daya tarik utama dari susur sungai di Desa Panjaratan, Pelaihari adalah melihat langsung kera berhidung panjang atau yang biasa kita sebut Bekantan, yang merupakan Primata atau maskot asli dari Kalimantan Selatan.

"Mengunjungi Susur Sungai disini, jamnya bebas. Tapi bila ingin melihat bekantan disarankan pagi sebelum pukul 10.00 Wita atau sore pukul 16.00 - 18.00 Wita," ujar Richie Rafsanjani.

Ditambahkan dia, mungkin masih baru, belum ada spot untuk foto selfie buat wisatawan. Spot foto paling di perahu itu saja, karena fokusnya ke ekowisata.

Baca juga: Melihat Bekantan Sangat Dekat Kurang Lebih Hanya 10 meter dari Kapal

Disini juga belum ada rumah makan dan hanya tersedia warung biasa yang dikelola masyarakat setempat.

Selain itu, pesan lelaki berusia 29 tahun ini, harus ada petunjuk tempat wisata dari jalan utama. Memang harus ada pembinaan dari pemerintah setempat untuk menjadikan sumber daya masyarakat nya lebih siap dalam melayani wisatawan.

"Promosi juga lebih ditingkatkan lagi terutama di sosiall media atau digital untuk menyasar kaum milenial untuk mengenali ekowisata ini," tandasnya.

Dikesempatan itu, Richie juga menyayangkan ada perkebunan sawit dekat habitat bekantan. Ini yang mengancam kehidupan bekantan.
Perjalanan Susur Sungai Penjeratan

- Naik Mobil Banjarmasin - Desa Penjeratan sekitar 2 jam
- Pelaihari - Penjaratan sekitar 30 menit
- Sewa kapal ukuran besar Rp 400.000
- Sewa kapal lebih kecil Rp 200.000
- Perjalanan PP selama dua jam
- Disarankan ingin melihat bekantan pagi sebelum pukul 10.00 Wita atau sore pukul 16.00 - 18.00 Wita. (banjarmasinposttravel.tribunnews.com/syaiful anwar)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved