Air Terjun Janda Beranak Tiga

Di Air Terjun Janda Beranak Tiga, Semakin Mendaki Semakin Menakjubkan

Air Terjun Janda Beranak Tiga berada di lereng gunung yang termasuk hamparan gunung di wilayah Tahura Sultan Adam, dekat dengan Gunung Pamaton.

Editor: Royan Naimi
banjarmasinposttravel.tribunnews.com/salmah saurin hb
Air Terjun Janda Beranak Tiga di Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Editor: Edi Nugroho

banjarmasinposttravel.tribunnews.com - Air Terjun Janda Beranak Tiga berada di lereng gunung yang termasuk hamparan gunung di wilayah Tahura Sultan Adam, dekat dengan Gunung Pamaton.

Di sebuah aliran sungai kecil berbatu, kita harus menyusuri tepiannya untuk sampai ke air terjun. Jalan sedikit mendaki namun tak seperti ke Air Terjun Bajuin di Kabupaten Tanah Laut yang jarak jalan kaki cukup jauh serta melelahkan.

Sekitar 200 meter menyusur tepian sungai maka kita akan menemui sungai lebih Lebar yang merupakan level pertama air terjun tersebut.

Baca juga: Nama Air Terjun Janda Beranak Tiga Ternyata Ada Sejarahnya

Kembali berjalan mendaki kita akan disuguhi air terjun yang lebih indah dengan bebatuan besar yang memecah aliran air. Itulah level kedua.

Naik lagi, kita sampai pada level tiga yang suasanya semakin indah. Deburan air meluncur ke bawah dipecah bebatuan besar semakin menggoda hati ingin merasakan kesejukan airnya.

Benar saja, banyak pengunjung yang mandi berendam atau duduk di bebatuan sembari menyibak air. Sekedar mencuci tangan dan membasuh wajah sudah terasa kesegaran airnya di kulit wajah.

Bebatuan di aliran air terjun cukup nyaman diinjak sehingga telapak kaki tak terasa sakit ketika melangkah dari satu batu ke batu lainnya untuk menikmati deburan air.

Sampai level tiga, sebenarnya kita akan terpancing untuk naik hingga ke hulu air terjun, namun jalan rintisan di tepi air terjun tak memadai untuk mendaki hingga ke puncak.

Bagi yang mandi disediakan tempat ganti pakaian yang jadi satu dengan toilet untuk buang air. Bentuknya masih sederhana berdinding seng.

Selain air terjun Janda Beranak Tiga di sebelah gunung juga mengalir air terjun Lodang Tali yang berada di wilayah Desa Kiram Atas. Air terjun itu juga menjadi obyek wisata yang dikelola.

Lebih jelasnya, yuk simak tulisan berikutnya. (banjarmasinposttravel.tribunnews.com/samlah saurin),

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved