Air Terjun Janda Beranak Tiga

Menikmati Pesona Kesegaran Mandin di Desa Kiram Banjar Kalsel

Satu lagi obyek wisata di Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.

Editor: Royan Naimi
Foto salmah saurin
Air Terjun Janda Beranak Tiga di Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Editor: Edi Nugroho

banjarmasinposttravel.tribunnews.com - Satu lagi obyek wisata di Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.

Hadir untuk umum sejak dua bulan lalu, destinasi wisata itu adalah Air Terjun Janda Beranak Tiga.

Lokasinya tak begitu jauh, kita bisa menempuh perjalanan dari tiga penjuru alias tiga arah. Pertama, ada dua jalur dari Kota Banjarbaru dengan jarak tempuh 17 Km dan kedua, ada satu jalur dari Mandiangin, Kabupaten Banjar berjarak sekitar 10 Km.

Bagi yang sudah pernah atau terbiasa jalan-jalan ke Desa Kiram antara lain menuju Kiram Park, Gunung Mawar, Vila Aranaway atau Gunung Pamaton maka mudah menuju ke air terjun Janda Beranak Tiga tersebut.

Baca juga: Spot Wisata Baru Rumah Lanting di Banjarmasin Perkaya Khazanah Wisata Sungai

Pastinya, sampai di Desa Kiram, kita akan menemui belokan jalan ke kiri menuju Gunung Pamaton, Vila Aranaway dan Gunung Mawar.

Nah, belok saja ke kiri. Beberapa saat kemudian adalagi persimpangan kiri dan kanan. Ambil ke kiri yang ada spanduk kecil bertulis arah ke Air Terjun Janda Beranak Tiga.

Jalannya masih beraspal, namun beberapa meter kemudian aspal berganti jalan tanah dan jalannya menurun. Tak lama berselang sampailah kita di portal tiket masuk dan membayar Rp10 ribu untuk pengunjung bersepeda motor dan Rp15 ribu untuk bermobil.

Di dekat portal ada area parkir, kita bisa parkir di situ kemudian jalan kaki atau naik ojek. Atau boleh juga terus masuk melintasi jembatan batang pohon dan jalan rintisan sepanjang 1 Km. Namun karena jalan rintisan maka kondisinya masih banyak batu dan potongan ranting.

Setelah 1 Km, kita kembali dihadapkan dengan area parkir, di sini harus parkir karena menuju air terjun mesti jalan kaki, kalau bersepeda motor cukup susah mengingat medannya terjal.

Sekitar 500 meter berjalan sedikit mendaki sambil menyusuri sungai kecil berjeram, sampailah di air terjun Janda Beranak Tiga. Air terjun ini ada beberapa tingkat, jadi kita harus naik lagi untuk menikmati beberapa tingkat air terjun.

Bagi masyarakat setempat, sebenarnya ini bukan air terjun tapi mandin. Terdengar aneh ya? Apa itu mandin? Lebih jelasnya mari simak tulisan berikutnya.
(banjarmasinposttravel.tribunnews.com /salmah saurin )

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved