Air Terjun Janda Beranak Tiga

Pengelola Air Terjun Janda Beranak Tiga Terus Lengkapi Fasilitas untuk Nyamankan Pengunjung

Air Terjun Janda Beranak Tiga di Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, memang masih baru, sebab itu fasil

Editor: Royan Naimi
banjarmasinposttravel.tribunnews.com/salmah saurin hb
Air Terjun Janda Beranak Tiga di Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Editor: Edi Nugroho

banjarmasinposttravel.tribunnews.com - Air Terjun Janda Beranak Tiga di Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, memang masih baru, sebab itu fasilitasnya juga masih seadanya.

Jalan masuk menuju portal loket karcis yang dikelola Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) masih berupa jalan tanah, areal parkir memang cukup luas untuk mobil dan sepeda motor dan ada sebuah warung minum.

Sebuah jembatan masih berupa jembatan berbahan batang pohon yang bagi beberapa pengendara mobil mungkin cukup riskan dilintasi.

Jalan lanjutan sekitar 1 Km ke area parkir kedua untuk menuju air terjun masih jalan tanah rintisan dengan kondisi becek jika diguyur hujan.

Baca juga: Di Air Terjun Janda Beranak Tiga, Semakin Mendaki Semakin Menakjubkan

Lintasan dari area parkir kedua menuju air terjun belum ada lintasan aman berupa paving block atau sejenisnya agar pengunjung nyaman melangkah.

Menurut Fitri, salah seorang penjaga wisata di sana, memang sementara ini mereka masih berupaya melengkapi fasilitas wisata termasuk gazebo dan tempat ganti pakaian serta toilet. Jalan menuju air terjun juga secara bertahap akan diperbagus.

"Ya, karena ini dikerjakan secara swadaya masyarakat makanya proses pengerjaan juga masih semampunya. Insya Allah jika ada dana terkumpul kami akan terus melengkapi fasilitas dan apa yang perlu disediakan juga memudahkan jalan akses," jelasnya.

Termasuk pula pihak Bumdes akan membersihkan area air terjun lainnya yang tak jauh dari situ dan masih satu sumber dari hulunya.

Air terjun yang masih belum tergarap itu kemiringannya hampir 90 derajat dan posisinya sangat jelas terlihat dari aliran sungai air Terjun Janda Beranak Tiga. Hanya saja akses ke sana dengan jarak sekitar 200 meter belum dirintis untuk pengunjung.

Meski masih seadanya, namun destinasi wisata itu banyak memberikan spot foto alami yang memesona. Apa saja spotnya, lanjut ya pada tulisan berikutnya. . (banjarmasinposttravel.tribunnews.com /salmah saurin )

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved