TPA Palinget Kapuas

Wisata Kalteng, Ini Rute Menuju TPA Berkonsep Edukasi Wisata di Palinget Kapuas

Kawasan TPA Handel Palinget terletak di Desa Teluk Palinget, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas.

banjarmasinposttravel.tribunnews.com /Fadly SR
Kawasan TPA Handel Palinget yang terletak di Desa Teluk Palinget, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas. 

banjarmasinposttravel.tribunnews.com - Kawasan TPA Handel Palinget terletak di Desa Teluk Palinget, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas.

Jika mau berkunjung ke TPA berkonsep edukasi dan wisata ini rute nya mudah dan jarak tempuh tak jauh dari kota.

Warga Kabupaten Kapuas tentu mengetahui rute menuju TPA Palinget. Nah, bagi warga luar daerah, rute menuju TPA Palinget bisa ambil patokan di Bundaran Besar Kapuas yang jadi ikon daerah setempat.

Rute nya, dari Bundaran Besar Kapuas lalu ambil jalan arah ke Kantor Bupati Kapuas. Lurus saja hingga masuk kawasan Pulau Petak maka akan menemui TPA Palinget di tapi jalan tersebut nantinya.

Baca juga: Wisata Kalteng, Catat, Ini Waktu Berkunjung ke TPA Palinget Kapuas Kalteng

TPA yang terletak di Desa Teluk Palinget, Kecamatan Pulau Petak ini menawarkan konsep yang hampir serupa dengan kawasan wisata.

Menyajikan pemandangan yang indah, tempat santai bahkan spot untuk berfoto bagi masyarakat yang berkunjung ke tempat tersebut.

Tampak kawasan tersebut ditata sedemikian rapi dengan pohon-pohon yang berjajar di sepanjang jalan di kawasan TPA.

Guna menambah asri suasana disana serta dilengkapi pula dengan berbagai hiasan dan pernak-pernik yang semakin menambah cantik kawasan tersebut.

Fasilitas yang tersedia di TPA Handel Palinget ini diantaranya taman bermain untuk anak-anak, cafetaria dan juga tempat untuk bersantai sebagai penunjang kegiatan edukatif dengan bertemakan lingkungan.

Selain itu juga tersedia alat bermain edukatif yang terbuat dari bahan-bahan bekas sebagai salah satu media yang dapat digunakan untuk pembalajaran.

Pada TPA Handel Palinget ini menggunakan pendekatan pengolahan sampah yang berwawasan lingkungan 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

Sehingga sampah dapat terurai dengan lebih efektif dan ramah terhadap lingkungan yang mana berdampak pada tidak menyengatnya bau di sekitaran tempat pengelolaan sampah.

"Selain sebagai tempat pembuangan akhir, kawasan ini juga memiliki tempat pengelolaan gas metan cacah plastik atau daur ulang, pembuatan kompos dan pupuk cair.

"Semuanya dimanfaatkan kembali untuk semakin mengembangkan kawasan TPA Handel Palinget," kata Kabid Pertamanan dan Kebersihan (PK) DPUPRPKP Kapuas, Sulis, diwawancarai beberapa waktu lalu.
(banjarmasinposttravel.tribunnews.com /Fadly SR)

Ikuti kami di
Editor: Edi Nugroho
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved