Wisata Kalteng

Wisata Kalteng, Ada Mini Bazaar Ekonomi Kreatif di Sport & Culture Tourism Kapuas

Selain pertunjukan kesenian daerah dan senam bersama, ada satu kegiatan lagi yang membuat Sport & Culture Tourism di Kapuas, Kalimantan Tengah, menjad

Foto Disbudpora Kapuas
Sport & Culture Tourism yang dilaksanakan di Kota Kualakapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Editor: Edi Nugrobo

banjarmasinposttravel.tribunnews.com - Selain pertunjukan kesenian daerah dan senam bersama, ada satu kegiatan lagi yang membuat Sport & Culture Tourism di Kapuas, Kalimantan Tengah, menjadi menarik.

Yakni saat kegiatan berlangsung ada Mini Bazaar Ekonomi Kreatif. Dimana pengunjung bisa menemui produk khas daerah setempat. Sekadar melihat-lihat ataupun membeli buat dibawa pulang.

Bazaar ada saat kegiatan yang digelar Minggu pagi, di Bundaran Besar Kapuas.

Mini Bazaar Ekonomi Kreatif menampilkan para UKM UMKM yang menjadi mitra pariwisata Disbudpora Kapuas.

Kasi Kepariwisataan Disbudpora Kapuas, Erliansyah mengatakan akibat pandemi ini sangat berdampak untuk seluruh pelaku usaha pariwisata ekonomi kreatif.

Baca juga: Sport & Culture Tourism di Kapuas, Tarik Minat Masyarakat

Khususnya bagi pelaku usaha Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Maka itu dengan adanya kegiatan Sport & Culture Tourism bisa menjadi wadah pelaku usaha yang menjadi mitra mereka menampilkan produknya.

Ia pun menerangkan, selama masa pandemi ini, usaha yang basisnya merupakan usaha rakyat maupun rumah tangga dan termasuk juga pelaku industri pariwisata lainnya seperti perhotelan dan tempat wisata, mengalami penurunan dalam hal kunjungan dari orang-orang yang menginap dan berwisata tersebut.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Erli ini menuturkan, sejauh ini program dalam bidang kepariwisataan yang sudah dijalankan yaitu dengan membuat inovasi yang berbasis dengan digital.

"Kami menggunakan akun resmi kepariwisataan yang mana kami melakukan suatu terobosan untuk membantu para pelaku usaha ekonomi kreatif yang bergerak di jasa kuliner, kerajinan khas yang dapat dijual secara online," jelas Erli

Kemudian ia juga mengungkapkan ada tiga tupoksi yang dijalankan, pertama mengembangkan kemitraan pariwisata, kedua pengembangan destinasi wisata dan pemasaran pariwisata.

"Harapannya dari ketiga pokok kegiatan ini bisa berinovasi, bisa beradaptasi dengan kondisi pandemi serta dapat berkaloborasi dengan seluruh mitra-mitra pariwisata dan kami dapat bangkit di penerapan adaptasi kebiasan baru untuk membangun kembali sektor pariwisata di Kabupaten Kapuas," pungkasnya. (banjarmasinposttravel.tribunnews.com /Fadly SR)

Ikuti kami di
Editor: Edi Nugroho
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved