Masjid Yampi

Wisata Kalsel, Nama Soeharto, Presiden RI Kedua Tertera di Prasasti Masjid Yampi

Masjid Yampi, atau yang dikenal sebagai Masjid Baitul Ikhsan, nama lainnya, merupakan satu masjid yang memiliki desain unik di Balangan.

banjarmasinposttravel.tribunnews.com/isti rohayanti
Wisata Kalsel,Masjid Yampi Paringing yang memiliki kubah cungkup tiga dan ada tulisan “Allah” di dalam rangka bentuk segi lima pada bagian atasnya 

Editor: Edi Nugroho

banjarmasinposttravel.tribunnews.com - Wisata Kasel, Masjid Yampi, atau yang dikenal sebagai Masjid Baitul Ikhsan, nama lainnya, merupakan satu masjid yang memiliki desain unik di Balangan.

Menariknya, prasasti masjid ini ditandatangani oleh Soeharto, Presiden Republik Indonesia kedua.

Rupanya, Soeharto saat itu merupakan Ketua Yayasan Amalbakti Muslim Pancasila (YAMP) yang menginisiasi pembangunan masjid. Sehingga ia menandatangani semua prasasti dari Masjid Pancasila yang dibangun.

Pasalnya, program pembangunan masjid tersebut dilakukan di seluruh Indonesia. Kabupaten Balangan yang dulunya masih bergabung dengan Kabupaten Hulu Sungai Utara mendapatkan jatah satu masjid Yampi untuk dibangun.

Baca juga: Wisata Kalsel, Mengunjungi Masjid Yampi, Masjid Pancasila yang Dibangun Yayasan Milik Soeharto

Meski tidak diresmikan oleh Soeharto secara langsung, Masjid Yampi di Paringin diresmikan oleh pihak kementerian. Begitulah yang disampaikan oleh Wakil Ketua Pengurus Masjid Yampi, Alpan Nasuki.

"Prasasti Masjid memang ditandatangani Soeharto secara langsung. Karena saat itu Soeharto adalah Ketua YAMP. Namun untuk peresmian diwakili oleh Menteri," ucap Alpan.

Prasasti masjid datang secara terpisah. Kemudian ditempel pada area masjid. Sebelumnya ucap Alpan, prasasti tersebut dipasang pada bagian pintu masuk masjid. Sekarang karena masa rehab, prasasti pun dipindahkan ke sisi dekat paimaman bagian luar. (banjarmasinposttravel.tribunnews.com/isti rohayanti)

Ikuti kami di
Editor: Edi Nugroho
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved