Wisata Kalsel

Wisata Kalsel, Pembangunan Masjid Yampi di Paringin, Pengelola Dapat Tanah Hibah Seluas 40 M x 40 M

Wisata Kalsel, Dibangun pada tahun 1994 lalu, Masjid Baitul Ikhsan, Paringin atau yang dikenal sebagai Masjid Yampi, terus dikembangkan.

banjarmasinposttravel.tribunnews.com /isti rohayanti
Interior Masjid Yampi, Paringin, Balangan 

Editor: Edi Nugroho

banjarmasinposttravel.tribunnews.com - Wisata Kalsel, Dibangun pada tahun 1994 lalu, Masjid Baitul Ikhsan, Paringin atau yang dikenal sebagai Masjid Yampi, terus dikembangkan.

Nama Yampi yang merupakan singkatan dari Yayasan Amalbakti Muslim Pancasila (YAMP) ini dikenal dan sering disebut pada Masjid tersebut.

Diceritakan oleh Wakil Ketua Pengurus Masjid Yampi, Alpan Nusuki, masjid ini dulunya dibangun pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto. Bahkan program pembangunan Masjid merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Yayasan yang diketuai oleh presiden RI ke dua ini.

Dalam prosesnya, rencana pembangunan Masjid Yampi sempat hendak dibangun di Amuntai, Hulu Sungai Utara. Namun karena sudah ada masjid, lokasi pun di pindah ke Kabupaten Balangan, Kecamatan Paringin. Dimana masa itu, Kabupaten Balangan masih menyatu dengan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Baca juga: Wisata Kalsel, Nama Soeharto, Presiden RI Kedua Tertera di Prasasti Masjid Yampi

Nama Ir Riduansyah, seorang Kepala SPPN Paringin terlibat dalam pembangunan masjid ini. Ia adalah orang yang menjadi pengurus masjid dan dalam proses pembangunan. Sementara untuk tanah merupakan hibah dari warga, atas nama H Jaram.

Ir Riduansyah ujar Alpan merupakan pengurus pertama pembangunan Masjid Yampi. Ia adalah warga dari Kalteng yang bertugas di Balangan. Saat ini Ir Riduansyah diketahui sudah meninggal dunia. Sementara kepengurusan sudah berganti selama tiga periode.

Sementara untuk hibah tanah, pembangunan masjid mendapatkan tanah seluas 40 meter dikali 40 meter yang diberikan oleh H Jaram, warga Balangan. Seiring berjalannya waktu dan adanya rencana perluasan, pengelola kembali meminta tanah hibah kepada anak H Jaram dan mendapatkan lahan baru untuk perumahan kaum masjid.

Saat ini, Masjid Yampi juga masih dalam tahap rehab. Sejumlah dana dikumpulkan untuk perluasan dan desain baru yang nantinya akan dibangun. (banjarmasinposttravel.tribunnews.com /isti rohayanti)

Ikuti kami di
Editor: Edi Nugroho
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved