Makam Datu Kandang Haji di Balangan

Wisata Kalsel, Makam Datu Kandang Haji di Kabupaten Balangan Setiap Hari Dikunjungi Peziarah

Wisata Kalsel, Makam Datu Kandang Haji di Desa Teluk Bayur Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Kalsel setiap harinya selalu dikunjungi para peziarah.

banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Istri Rohayanti
Wisata Kalsel, Makam Datu Kandang Haji di Desa Teluk Bayur Kecamatan Juai Kabupaten Balangan.
banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Istri Rohayanti
Wisata Kalsel, Makam Datu Kandang Haji berukuran panjang 11 meter dan lebar 4 meter terletak di Desa Teluk Bayur Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan.
banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Istri Rohayanti
Wisata Kalsel, Bangunan pelindung Makam Datu Kandang Haji, Desa Teluk Bayur, Kecamatan Juai Kabupaten Balangan.
banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Istri Rohayanti
Wisata Kalsel, Masjid Jannatul Mawa, satu di antara beberapa masjid tertua di Balangan. Masjid ini satu dari tiga masjid peninggalan Datu Kandang Haji, tokoh besar Islam di Balangan.

BANJARMASINPOSTTRAVEL.TRIBUNNEWS.COM, PARINGIN - Makam Datu Kandang Haji di Desa Teluk Bayur Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Kalsel setiap harinya selalu dikunjungi para peziarah.

Juru Kunci Makam Datu Kandang Haji, H Sani menerangkan, setiap harinya ada saja peziarah yang datang baik dari warga sekitar maupun luar daerah.

Meski di tengah pandemi Covid 19, rupanya tidak mengurungkan niat orang-orang untuk berziarah ke Makam Datu Kandang Haji.

Murnah misalnya, perempuan yang datang dari wilayah Tanjung, Tabalong ini bersama keluarga berziarah ke Makam Datu Kandang Haji. Ia juga sering pergi ke makam tokoh besar islam di Balangan tersebut.

Baca juga: Wisata Kalsel, Makam Datu Kandang Haji di Balangan, Sosok Tokoh Besar Islam Kabupaten Balangan

Baca juga: Wisata Kalsel, Dakwah Syiar Islam Datu Kandang Haji Abad 17, Dirikan Tiga Masjid di Balangan

Baca juga: Wisata Kalsel, Syiar Islam Datu Kandang Haji di Balangan Abad 17, Tinggalkan Benda Pusaka Bersejarah

Ziarahnya Murnah kali ini sudah menjadi niat keinginannya menunaikan nazar. Pasalnya Murnah telah berniat apabila hajatnya dikabulkan, maka ia akan berziarah ke makam Datu Kandang Haji di Balangan.

"Alhamdulilah, Tuhan mengabulkan hajat sehingga  saya pun menunaikan nazar ziarah makam Datu Kandang Haji," ucap Murnah.

Ziarah Murnah ke Makam Datu Kandang Haji merupakan bentuk syukurnya atas keinginan pihak keluarga yang dikabulkan Tuhan.

Bagi Murnah, tidak elok rasanya apabila niat tersebut tidak dikerjakan, karena sudah lama ia niatkan menziarahi makam Datu.

Tak hanya ketika menunaikan hajat, Murnah juga sering berziarah ke Makam Datu Kandang Haji saat ke rumah keluarganya yang berada di Kecamatan Juai, tak jauh dari komplek Makam Datu Kandang Haji.

(banjarmasinposttravel.tribunnews.com/isti rohayanti)

Ikuti kami di
Editor: Royan Naimi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved