Wisata di Sungai Jingah Banjarmasin

Wisata Kalsel di Sungai Jingah Banjarmasin, Ini Dua Wadai Khasnya

Wisata Kalsel dikenal banyak ragam khas kulinernya. Begitu juga di Sungai Jingah Banjarmasin ada kue atau wadai khas setempat.

Editor: Royan Naimi
istimewa
Kue Masubah khas Sungai Jingah Banjarmasin Wisata Kalsel. 

BANJARMASINPOSTTRAVEL.TRIBUNNEWS.COM, BANJARMASIN - Wisata Kalsel dikenal banyak ragam khas kulinernya. Begitu juga di Sungai Jingah Banjarmasin ada kue atau wadai khas setempat.

Menurut pendiri Mawarung Kuliner  Baimbai Sungai Jingah Banjarmasin, Muhammad Rafi, di daerah Sungai Jingah, ada dua wadai yang asli Sungai Jingah yakni kue Masubah dan Tetal.

"Wadai Masubah itu dibikin secara terun temurun oleh keluarga Ibu Imuf. Bahkan ibu Imuf sudah keturunan ketiga yang membuat kue Masubah," paparnya.

Menurutnya, kue masubah bentuknya bulat seperti rebana. Sepintas dilihat tekturnya mirip lapis legit dan seperti kue lam khas Barabai, tapi tentu beda.

Baca juga: Wisata Kalsel Religi Masjid Terapung Ibnu Arsadi Sungai Jingah Banjarmasin Masih Tahap Pembangunan

Baca juga: Wisata Kalsel Makam Syekh Jamaluddin Al-Banjari di Sungai Jingah Banjarmasin, Diusulkan Cagar Budaya

Baca juga: Wisata Kalsel Kampung Sasirangan Sungai Jingah Banjarmasin, Bisa Lihat Langsung Proses Pembuatan

Bahan dasar Wadai Masubah terdiri telur bebek 15 biji, gula 1/2 kilogram, vanili kecil bulat 6 buah, mentega blue band 4 ons, tepung 2 ons, kayu manis secukupnya, hadas manis secukupnya.

Lalu, Wadai Tetal merupakan Nasi Ketan di tumbuk (dipukul) sampai padat, terus di potong sesuai keinginan dan diberi kuah tumis sayur-sayuran.

Kue Tetal bahan dasarnya terdiri ketan, air santan, kacang putih, kacang panjang, singkong/kentan, cabe merah kering, bawang merah .

(banjarmasinposttravel.tribunnews.com/syaiful anwar)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved