Bukit Batu Aranio Kabupaten Banjar

Bukit Batu Aranio Padang Savananya Afrika, Destinasi Wisata Kalsel Baru di Kabupaten Banjar

Bukit batu salah satu potensi destinasi wisata Kalsel baru berupa alam perbukitan kawasan waduk Riam Kanan Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar - BanjarmasinPost Travel

Editor: Royan Naimi
banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Norholis Huda
Wisata Kalsel, Savana Bukit Batu kawasan Riam Kanan di Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar. 

BANJARMASINPOSTTRAVEL.TRIBUNNEWS.COM - Bukit batu salah satu potensi destinasi wisata Kalsel baru berupa alam perbukitan kawasan waduk Riam Kanan Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar.

Persisnya berada di desa Sungai Luar Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar. Untuk menuju ke lokasi ini bisa melalui akses jalan darat atau lewat sungai waduk Riam Kanan.

Ada yang bisa melewati jalur darat melalui jalan Ir PHM Noor hingga ke desa Sungai luar dan ada yang melalui jalur transportasi sungai melewati waduk dari dermaga waduk Riam Kanan.

Bukit batu ini menjadi trending belakangan. Hal itu karena menawarkan view atau pemandangan yang super indah dengan panorama savana dan bisa melihat hamparan air di waduk dan gugusan pulau pulau kecil.

Baca juga: Wisata Kalsel di Sungai Jingah Banjarmasin, Ini Dua Wadai Khasnya

Baca juga: Wisata Kalsel Religi Masjid Terapung Ibnu Arsadi Sungai Jingah Banjarmasin Masih Tahap Pembangunan

Baca juga: Wisata Kalsel Makam Syekh Jamaluddin Al-Banjari di Sungai Jingah Banjarmasin, Diusulkan Cagar Budaya

Saking kerennya pemandangan savana yang ditawarkan. Bahkan, menurut sebagian warga suasananya mirip di luar negeri di Kenya dan Tanzania di Afrika.

Dinamakan bukit baru, karena bukit ini dihiasi hamparan bebatuan besar yang tersembunyi diantara padang ilalang yang ada.

Bukit Batu memang terlihat gersang dengan dominasi ilalang setinggi lutut orang dewasa. Apalagi rumput itu didominasi warna kuning kecokelatan saat musim kemarau.

Namun itulah yang justru menjadi daya tarik Bukit Batu, sensasi berpetualang di savana Afrika.

Lebih mirip lagi, karena ada soalan aspal yang mulus meliuk liuk sepanjang satu kilo dri bukit ke dermaga Bukit Batu.

Jika mau menikmati langit sunset dan sunrise, tidak salah Sobat BPost Travel berkunjung ke sini.

Namun, karena masih pandemi di April 2021 ini untuk akses darat masih ditutup bagi pengunjung atau wisatawan.

Pengujung hanya bisa masuk dari satu akses yakni lewat sewa kelotok. Itu pun dibatasi karena demi pencegahan Covid-19.

Sobat BPost Travel juga bisa melihat kecantikan panorama waduk Riam Kanan dari atas Bukit Batu. Belum lagi latar belakang Gunung Tiwingan yang membuat sekelilingmu tampak seperti lukisan.

Tak begitu sulit untuk mencapai Bukit Batu, Riam Kanan. Mulailah dari Banjarbaru, lalu berkendara selama 30 menit untuk menuju Waduk Riam Kanan.

Dari dermaganya, kamu perlu menyewa perahu kelotok untuk menyeberang ke Bukit Batu dengan biaya Rp 500 ribu. Perjalanan menyeberang waduk butuh waktu 45 menit.

Sementara untuk akses darat, akses ke desa luar ini masih berbatu dan masih dalam tahap proyek perencanaan hingga perencanaan pengembangan.

Potensi Wisata Dilirik Pemprov Kalsel

Kawasan Bukit Batu yang berada di Waduk Riam Kanan kini sedang dilirik Pemprov Kalsel untuk diproyeksikan menjadi titik destinasi wisata Kalsel.

Kepala Dinas PUPR Kalsel Roy Rizali Anwar dan Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kalsel Yasin Toyib meninjau ke lokasi tersebut sebelumnya dan  merencanakan pembangunan apa saja yang bakal dilakukan di sana.

Pada Bukit Batu rencananya dibangun beberapa lokasi spot wisata. Termasuk pulau di seberangnya yang nantinya ada habituasi satwa dan taman memancing.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved