Wisata ke Taman Van der Pijl Banjarbaru, Kondisi Terkini Suasana Lengang Masa PPKM Kota Banjarbaru

Ada yang berbeda dari Taman Van der Pijl Banjarbaru Kalsel. Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Banjarbaru ini punya fasilitas baru lho, yakni delman

Editor: Royan Naimi
banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Kristin Juli Saputri
Tower Sasirangan di Taman Van der Pijl Banjarbaru, Kalsel. 

BANJARMASINPOSTTRAVEL.TRIBUNNEWS.COM, BANJARBARU - Ada yang berbeda dari Taman Van der Pijl Banjarbaru Kalsel. Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Banjarbaru ini punya fasilitas baru lho, yakni delman.

Ada satu delman yang mangkal setiap hari Kamis, Jum’at, Sabtu dan Minggu.

Kehadiran delman di sana menambah asik Taman Van der Pijl Banjarbaru. RTH tersebut keberadaannya sedari dulu memang sudah jadi primadona masyarakat Kalimantan Selatan, terkhusus warga Banjarbaru dan sekitarnya.

Taman di Jalan Pangeran Suriansyah, Kelurahan Loktabat Utara, Kecamatan Banjarbaru Utara, Kota Banjarbaru Kalsel, cukup rindang sehingga menjadi tempat favorit warga untuk bersantai melepas penat.

Baca juga: Tower Sasirangan di Taman Van der Pijl Banjarbaru Jadi Ikon Instagramable Masyarakat Banua Kalsel

Baca juga: Warung Kopi Karoma Banjarbaru, Menawarkan Menu Khas Spesial Kopi Turki Dengan Olahan Pasir Turki

Baca juga: Minggu Raya Banjarbaru, Sentra Kuliner di Pusat Kota Idaman Diramaikan Ragam Pertunjukan Seni

Teguh (38) sang pemilik delman mengatakan, sejak Februari 2021 lalu menarik delman untuk menyambung hidup. Meski sebenarnya, hidup dengan kuda sudah jadi hobinya sejak kecil.

Delman milik Teguh biasanya mangkal dari pagi hingga sore hari menjelang maghrib. Tarif untuk satu kali putaran Rp50 ribu.

Naik Delman di Taman Van der Pijl Banjarbaru
Naik Delman di Taman Van der Pijl Banjarbaru (banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Kristin Juli Saputri)

Rutenya, titik awal dari Taman Van der Pijl lalu berjalan mengelilingi Taman Murjani dan kembali ke lokasi pertama.

“Hari ini sudah dapat dua penumpang. Jadi 50 ribu itu untuk sekali putaran untuk satu keluarga atau satu rombongan, maksimal 4 orang. Boleh dewasa semua atau anak-anak atau campur, “ jelas Teguh, Jumat (20/8/2021).

Akan tetapi sekarang jadi semakin sepi karena adanya pandemi Covid-19 membuat jumlah pengunjung Taman Van der Pijl  yang berada di pusat Kota Idaman ini mengalami penurunan.

Teguh pun telah mematuhi protokol kesehatan, tetap mengenakan masker saat bekerja. Begitu juga dengan para pengunjung yang tetap menggunakan masker selama berada di taman.

Naik Delman keliling taman Van der Pijl Banjarbaru dan lapangan Murjani Banjarbaru.
Naik Delman keliling taman Van der Pijl Banjarbaru dan lapangan Murjani Banjarbaru. (banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Kristin Juli Saputri)

“Akhir pekan saja sedikit sekali pengunjungnya apalagi kalau hari Senin Selasa Rabu lebih sepi, “ terang Teguh.

Sebuah tower PDAM yang sudah tidak berfungsi lagi, dirancang ulang oleh Pemerintah Kota Banjarbaru menjadi bangunan yang ikonik. Tower diwarna dengan motif Sasirangan, kain khas Provinsi Kalimantan Selatan.

Tak pelak ikon baru ini menjadi daya tarik bagi warga Banjarbaru bahkan luar Banjarbaru. Tower cantik ini berdiri di tengah Taman Van der Pijl.

Salah satu warga yang lagi berkunjung memotret tower sasirangan itu dari segala arah. Nampaknya sangat senang walaupun tower itu sendiri sudah berdiri sejak November 2017 lalu.

Panggung Taman Van der Pijl Banjarbaru, Kalsel.
Panggung Taman Van der Pijl Banjarbaru, Kalsel. (banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Kristin Juli Saputri)

Taman Van Der Pijl berfungsi sebagai tempat berinteraksi sosial, tempat bermain, hingga tempat rekreasi.

Bentuk aktivitas masyarakat di Taman Van Der Pijl Banjarbaru dalam memfungsikannya meliputi aktivitas sosial yaitu interaksi sosial, aktivitas manusia dan lingkungan alam, ekonomi terkait pengaruh taman terhadap perekonomian masyarakat sekitar dan terakhir aktivitas rekreasi.

Namun kondisinya sekarang berubah semenjak pandemi Covid-19 menerjang Indonesia. Tempat wisata harus tutup dan masyarakat diminta di rumah saja.

Aktivitas warga yang suka jalan-jalan di taman jadi terputus, pedagang tak bisa lagi berjualan karena tak ada wisatawan. Pendapatan masyarakat jadi menurun drastis seperti yang dialami oleh salah satu tukang delman di sana.

Taman Van der Pijl Banjarbaru
Taman Van der Pijl Banjarbaru (banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Kristin Juli Saputri)

“Ya sehari bisa dapat uang bisa juga tidak. Kadang dapat 1 pengunjung, kadang 2, kadang tidak ada sama sekali. Pendapatan sangat menurun karena pandemi ini semoga bisa cepat membaik, “ ucap Teguh.

Wilayah RTH ini cukup luas dengan fasilitas yang amat banyak. Bikin hati orangtua senang dan anak-anak pun riang.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved