Eksotik Gua Liang Kuda-kuda Batu Besar di Kintap Tanahlaut, Begitu Alami dengan Seisi Gua yang Luas

Pesona Gua Liang Kuda-kuda Batu Besar di Desa Riamadungan Kecamatan Kintap Tanahlaut menjadi potensi destinasi wisata Kalsel baru yang mulai dikenal.

Editor: Royan Naimi
banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Idda Royani
PINTU MASUK - Inilah pintu masuk ke Gua Liang Kuda-kuda Batu Besar di Desa Riamadungan Kecamatan Kintap Kabupaten Tanahlaut. 

BANJARMASINPOSTTRAVEL.TRIBUNNEWS.COM, PELAIHARI - Wisata di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), memang cukup beragam. Sebarannya pun hampir ke seluruh penjuru wilayah setempat.

Selain pantai yang mashur sejak era 1980-an silam, Tala juga memiliki wisata alam seperti gua.

Di antaranya yang belakangan ini ramai jadi pembicaraan yakni Gua Liang Kuda-kuda Batu Besar di Desa Riamadungan, Kecamatan Kintap.

Gua Liang masih sangat alami. Banjarmasinposttravel.tribunnews.com saat menjelajahi lokasi beberapa hari yang lalu melihat sendiri suasana alam sekitar yang masih murni.

RUANG GUA LUAS- Pengunjung berpose di tanjakan di dalam Gua Liang Kuda-kuda Batu Besar dengan ruang yang luas.
RUANG GUA LUAS- Pengunjung berpose di tanjakan di dalam Gua Liang Kuda-kuda Batu Besar dengan ruang yang luas. (banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Idda Royani)

Bahkan kehidupan warga setempat pun juga terbilang lekat dengan alam. Maklum letaknya berada di kawasan pegunungan.

Baca juga: Wisata ke Taman Van der Pijl Banjarbaru, Kondisi Terkini Suasana Lengang Masa PPKM Kota Banjarbaru

Baca juga: Minggu Raya Banjarbaru, Sentra Kuliner di Pusat Kota Idaman Diramaikan Ragam Pertunjukan Seni

Baca juga: Menengok Wisata Pelabuhan Batang Kabupaten Tanahbumbu, Lokasinya di Pusat Kota Batulicin

Ruangan Gua Liang cukup luas, setidaknya mampu menampung ratusan orang. Bahkan menurut Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Alam Desa Riamadungan, Iriansyah, kapasitas tampungnya hingga seribuan orang.

"Gua Liang Kuda-kuda Batu Besar itu ceritanya dulu semacam benteng, bisa menampung semua penduduk kampung," sebut Iriansyah, Minggu (22/8/2021).

ALAMIĀ - Beberapa pengunjung menyusur ruang Gua Liang Kuda-kuda Batu Besar yang masih alami di Desa Riamadungan Kecamatan Kintap, Tanahlaut.
ALAMIĀ - Beberapa pengunjung menyusur ruang Gua Liang Kuda-kuda Batu Besar yang masih alami di Desa Riamadungan Kecamatan Kintap, Tanahlaut. (banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Idda Royani)

Ketinggian ruangan di dalam gua tersebut sekitar 200 meter. Ada ruangan, ruangan belakang lebih sempit dan bagian ujungnya terbuka ke alam luar yang sekaligus menjasi akses menuju puncak Gunung Liang.

Sekadar diketahui, Gua Liang Kuda-kuda Batu Besar berada di kaki Gunung Liang.

(banjarmasinposttravel.tribunnews.com/idda royani)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved