Air Terjun Tumaung, Keindahan Alam Tersembunyi Dibalik Pedalaman Pegunungan Meratus Kabupaten HST

Kawasan Pedalaman Pegunungan Meratus, tak habis-habisnya menawarkan keindahan alam yang memukau, diantaranya Air Terjun Tumaung.

Editor: Royan Naimi
banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Istri Rohayanti
Wisatawan di Air Terjun Tumaung, Desa Pantai Mangkiling, Hantakan, Kabupaten HST kibarkan bendera merah putih. 

BANJARMASINPOSTTRAVEL.TRIBUNNEWS.COM, BARABAI - Kawasan Pedalaman Pegunungan Meratus, tak habis-habisnya menawarkan keindahan alam yang memukau, diantaranya Air Terjun Tumaung.

Air Terjun Tumaung terletak diĀ  di Desa Pantai Mangkiling, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalsel.

Dari pemukiman penduduk, untuk menuju ke Air Terjun Tumaung dibutuhkan waktu hampir satu jam berjalan kaki.

Jarak yang ditempuh mencapai 3,5 kilometer. Adapun jalurnya yakni kawasan pegunungan dan harus menyeberangi aliran sungai.

Baca juga: Sungai Atiran Berpantai Kabupaten HST, Asyiknya Bermain Pasir Berlibur Bersama Keluarga

Baca juga: Eksotik Gua Liang Kuda-kuda Batu Besar di Kintap, Ada Puncak Pesona Panoramanya Segarkan Jiwa Raga

Baca juga: Berwisata ke Taman Van der Pijl Banjarbaru, Banyak Fasilitas Hiburan Jangan Lewatkan Naik Delman

Menuju Air Terjun Tumaung hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Meski ada jalan yang bisa dilewati oleh kendaraan roda dua, namun juga tidak bisa sampai ke lokasi.

Selain itu dibutuhkan sepeda motor yang memang mampu melintasi kawasan pegunungan. Ditambah lagi perlunya skill yang ahli dalam berkendara.

Pasalnya, jalan yang dilewati merupakan jalan setapak yang jalurnya licin dan lumayan ekstrim.

Air Terjun Tumaung, tak lepas dari perhatian tim Banjarmasin Post untuk ekspos wisata di Kalsel. Dalam perjalanan ke air terjun tersebut, dibutuhkan tenaga ekstra dan perbekalan yang cukup.

Namun, sesampainya di lokasi, segala lelah dan keseruan dalam perjalanan terbayarkan oleh pemandangan alam air terjun dan nuansa sejuk nan menenangkan.

Tim Video Banjarmasin Post, Ratino memuji keindahan alam Air Terjun Tumaung. Baginya, segala perjuangan berjalan kaki untuk menuju air terjun dibayar lunas saat secara langsung melihat bagaimana wisata pedalaman Pegunungan Meratus tersebut.

"Selama perjalanan memang capek, tapi saat sampai semua dibayar lunas, cash," ucapnya, nampak puas.

Wisata Kalsel Air Terjun Tumaung di Desa Pantai Mangkiling, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.
Wisata Kalsel Air Terjun Tumaung di Desa Pantai Mangkiling, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. (banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Istri Rohayanti)

Perjalanan Tim Banjarmasin Post ke Air Terjun dikawal oleh penyedia jasa Wisata Pedalaman Pegunungan Meratus. Kami juga dipandu warga setempat, yakni Yuni.

Yuni merupakan tokoh tetua di Desa Pantai Mangkiling. Usianya lebih dari 60 tahun, namun kemampuannya dalam berjalan di kawasan pegunungan sudah tidak diragukan.

Ia berjalan cepat menyusuri kawasan hutan Pegunungan Meratus untuk mengantarkan Tim Banjarmasin Post ke Air Terjun Tumaung.

Air Terjun Tumaung jelas Yuni semakin diminati warga karena adanya promosi oleh para pecinta alam yang menyediakan jasa wisata disana. Ia pun tak jarang mengantarkan pengunjung menuju air terjun.

Di Perjalanan pula, Yuni menceritakan bagaimana kondisi alam sekitar, apalagi pasca banjir beberapa waktu lalu yang membuat sebagian alam di kawasan Pegunungan Meratus mengalami kerusakan.

Namun sebutnya keindahan alam khususnya objek wisata di kawasan itu masih begitu terjaga.

Air Terjun Tumaung tak jarang juga menjadi tempat pemandian warga. Apalagi bagi penduduk yang bermukim di sekitar air terjun saat ia bertani atau berkebun.

(banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Isti Rohayanti)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved