Penganan Khas Kotabaru

Kerupuk dan Amplang Kotabaru Jadi Oleh-oleh Favorit Berkunjung ke Bumi Saijaan

Hasil laut melimpah menjadi berkah bagi warga dan UMKM Kotabaru untuk mengolah produk makanan ringan seperti kerupuk dan amplang ikan tenggiri.

Editor: Royan Naimi
banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Helriansyah
Salah satu pusat penjualan oleh-oleh khas Kotabaru. 

BANJARMASINPOSTTRAVEL.TRIBUNNEWS.COM,KOTABARU - Hasil laut melimpah di Bumi Saijaan ini menjadi berkah bagi warga dan UMKM setempat untuk mengolah produk makanan ringan seperti kerupuk dan amplang ikan tenggiri.

Kabupaten Kotabaru sebuah daerah di Kalimantan Selatan (Kalsel). Kabupaten di ujung Tenggara Kalsel ini, selain daerah penyuplai ikan ke daerah-daerah Kalteng, Kalbar dan Kaltim.

Produk menjadi khas Kabupaten Kotabaru seperti amplang, kerupuk dan produk-produk lainnya yang diolah dari hasil laut dengan bahan baku ikan.

Amplang maupun kerupuk makanan ringan paling digemari. Selain buat oleh-oleh, penganan ini juga sangat pas untuk pendamping makanan pokok (nasi).

Baca juga: Wisata Religi Kota Banjarmasin, Ziarah ke Makam Guru Zuhdi di Kawasan Masjid Jami Sungai Jingah

Baca juga: Wisata Mangrove Pulau Burung Kabupaten Tanahbumbu, Buah Durian Paling Diburu Pengunjung

Baca juga: Air Terjun Tumaung, Keindahan Alam Tersembunyi Dibalik Pedalaman Pegunungan Meratus Kabupaten HST

Ada beberapa jenis amplang atau kerupuk, selain berbahan ikan. Ada juga berbahan hasil laut yang lain, misal udang. Tinggal konsumen memilih produk mana paling digemari.

Amplang atau kerupuk dijadikan sebagai makanan pendamping makanan pokok, karena rasanya yang khas berbahan ikan tenggiri.

Dengan rasa kegurihannya yang khas itulah, produk amplang atau kerupuk terus eksis. Terbukti banyaknya UMKM mengolah produk dengan brand yang berbeda-beda. Di antaranya, kerupuk dan amplang brand Saijaan.

Bukti eksistensi salah satu produk lokal khas Kotabaru ini masih menjadi primadona, menyusul banyaknya tempat atau toko/kios menyediakan produk tersebut. Harganya pun relatif terjangkau. Kisaran antara Rp 60 ribu Hingga Rp 110 ribu.

Salah satu toko Ka-Tojoe. Di toko yang beralamat di Jalan H Agus Salim, Kelurahan Kotabaru Tengah, Kecamatan Pulaulaut Sigam ini, selain ada menyediakan makanan ringan khas Kotabaru.

Tapi pusat oleh-oleh khas Kotabaru ini juga menyediakan produk UMKM lainnya misal, kain sasirangan khas Kotabaru, plakat, boneka maskot, sendal dan banyak lagi yang lainnya.

Plt Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperdag) Kotabaru Murdianto mengatakan, makanan khas Kotabaru kerap menjadi oleh-oleh berupa amplang, kerupuk dan produk UMKM lainnya.

Menurut Murdianto, khususnya amplang dan kerupuk makanan masih menjadi primadona. Namun andalan penjualan masih secara langsung, itu karena ada pangsa pasar yang memadai.

Tapi imbasnya masih sedikit, selama pandemi Covid-19. Untuk itu, Murdianto meminta kepada pelaku usaha di produk itu terus berinovasi.

Dengan memperkuat sistem pemasaran melalui online pihaknya akan terus mendorong terutama dari aspek pemasaran. Dari pemasaran langsung ke online.

"Karena melalui online, salah satu UMKM pembuat baling-baling dan sudah sampai mancanegara," pungkasnya.

Surian, salah seorang masyarakat lokal Kotabaru, mengakui amplang dan kerupuk menjadi makanan khas Kotabaru karena kekhasan rasa gurihnya.

"Dari beberapa merk, hampir sama rasanya. Gurih dan ikannya lebih berasa," ujar Suriansyah.

Memang banyak makanan ringan.produk khas Kotabaru. Namun, amplang dan kerupuk lebih khas bahkan sudah dikenal luas khususnya di Kalsel.

Oleh karena itu, ketika bepergian ke tempat sanak keluarga di luar Kotabaru, tidak membawakan oleh-oleh khas Kotabaru ini.

"Kadang belum berangkat saja, sanak keluarga sudah berpesan minta dibawakan amplang dan kerupuk," katanya.

Selain bentuk kemasannya yang gampang dibawa, harganya pun masih terjangkau.

"Memang sesuai jumlah isinya. Ada harga Rp 60 ribu ada juga Rp 100 ribu," pungkasnya.

(banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Helriansyah)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved