Wisata Kalsel Gua Telaga Dewa di Balangan Dicanangkan Sebagai Geopark

Wisata Kalsel Gua Telaga Dewa di Balangan sebagai salah satu yang diusulkan menjadi Geopark Meratus.

Editor: Royan Naimi
banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Istri Rohayanti
Ketua Pokdarwis Desa Liyu, Megi memperlihatkan tulisan pada dinding Gua Telaga Dewa, wisata Kalsel di Kabupaten Balangan. 

BANJARMASINPOSTTRAVEL.TRIBUNNEWS.COM - Wisata Kalsel Gua Telaga Dewa di Balangan sebagai salah satu yang diusulkan menjadi Geopark Meratus.

Kawasan Pegunungan Meratus di Desa Liyu, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan menawarkan berbagai potensi wisata alam.

Belakangan, tempat ini ramai mempromosikan wisata alam pemandian, yakni Batu Badinding. Selain itu, ada dua gua yang juga tak kalah menarik untuk dikenalkan, yakni Gua Lihan dan Gua Telaga Dewa.

Pengunjung Wisata Kalsel, Gua Telaga Dewa di Desa Liyu Kecamatan Halong Balangan melihat wadah air yang disebut sebagai telaga dewa.
Pengunjung Wisata Kalsel, Gua Telaga Dewa di Desa Liyu Kecamatan Halong Balangan melihat wadah air yang disebut sebagai telaga dewa. (banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Istri Rohayanti)

Memiliki potensi wisata alam yang dianggap cukup banyak, lantas, kawasan tersebut diusulkan menjadi Geopark. Begitulah yang disampaikan oleh Ketua Pokdarwis Desa Liyu, Megi.

Baca juga: Wisata Gua Telaga Dewa di Balangan, Tersembunyi di Belantara Pegunungan Desa Liyu Kecamatan Halong

Baca juga: Ada Koleksi Mushaf Alquran Tulisan Tangan Ulama Banjar Syekh Muhammad Arsyad Albanjari

Sebutnya, pada tahun 2018 lalu, KPH Kabupaten Balangan telah melakukan penelusuran pada beberapa tempat yang berpotensi sebagai wisata alam di Desa Liyu. Kemudian, kawasan tersebut diusulkan sebagai Geopark.

Pengunjung Wisata Kalsel, Gua Telaga Dewa di Desa Liyu Kecamatan Halong Kabupaten Balangan.
Pengunjung Wisata Kalsel, Gua Telaga Dewa di Desa Liyu Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. (banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Istri Rohayanti)

"Saat ini pengajuannya sudah dimasukan untuk diusulkan sebagai Geopark," ucap Megi.

Pokdarwis setempat jelasnya bekerjasama dengan KPH Balangan untuk proses tersebut. Kemudian apabila sudah disetujui, maka semua wisata alam di Desa Liyu akan semakin dikembangkan.

(banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Isti Rohayanti)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved