Wisata Kalsel Gua Telaga Dewa di Desa Liyu Balangan, Ornamen Stalagmit Membentuk Wadah Telaga Air

Menyusuri Wisata Kalsel Gua Telaga Dewa Desa Liyu Kecamatan Halong Kabupaten Balangan akan disuguhkan pemandangan bebatuan alam yang indah menawan.

Editor: Royan Naimi
banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Istri Rohayanti
Pengunjung Wisata Kalsel, Gua Telaga Dewa di Desa Liyu Kecamatan Halong Balangan melihat wadah air yang disebut sebagai telaga dewa. 

BANJARMASINPOSTTRAVEL.TRIBUNNEWS.COM - Menyusuri Wisata Kalsel Gua Telaga Dewa Desa Liyu Kecamatan Halong Kabupaten Balangan akan disuguhkan pemandangan bebatuan alam yang indah menawan.

Apalagi ornamen gua ada yang membentuk wadah air dari stalagmit. Ditambah lagi stalaktit yang tak kalah menarik. 

Keberadaan Gua Telaga Dewa mulai dikenalkan ke khalayak ramai sejak tahun 2018, pasca itu, banyak pengunjung yang berdatangan, khususnya penikmat alam. 

Pengunjung Wisata Kalsel, Gua Telaga Dewa di Desa Liyu Kecamatan Halong Kabupaten Balangan.
Pengunjung Wisata Kalsel, Gua Telaga Dewa di Desa Liyu Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. (banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Istri Rohayanti)

Dalam gua ini, didapati satu tempat yang disebut sebagai telaga oleh warga sekitar. Pasalnya, tempat tersebut berada kurang lebih 30 meter dari mulut gua, kemudian bentuknya menyerupai wadah yang selalu terisi air. 

Baca juga: Wisata Gua Telaga Dewa di Balangan, Tersembunyi di Belantara Pegunungan Desa Liyu Kecamatan Halong

Baca juga: Wisata Kalsel Embung Sawah Desa Jaro Tabalong, Lokasi 0,5 Km dari Ruas Jalan Kalsel-Kaltim

Tidak diketahui seberapa panjang wadah yang tercipta dari stalagmit tersebut. Namun, diprediksi oleh Ketua Pokdarwis Desa Liyu, Megi, ornamen yang dinamai sebagai telaga itu cukup panjang dan terbentuk pada terowongan gua. 

Pengunjung pun tidak diperbolehkan untuk menginjak ornamen yang dikenal sebagai Telaga Dewa tersebut. 

"Kalau airnya digunakan untuk cuci muka, boleh saja, tapi jangan sampai bercebur kedalamnya," ucap Megi. 

Bebatuan yang terbentuk dalam Gua Telaga Dewa jelas Megi telah ada sejak lama. Proses pembentukannya pun sejak ribuan tahun. Tempat itu juga dianggap sebagai tempat khusus bagi warga setempat. 

Ketua Pokdarwis Desa Liyu, Megi memperlihatkan tulisan pada dinding Gua Telaga Dewa, wisata Kalsel di Kabupaten Balangan.
Ketua Pokdarwis Desa Liyu, Megi memperlihatkan tulisan pada dinding Gua Telaga Dewa, wisata Kalsel di Kabupaten Balangan. (banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Istri Rohayanti)

Air di Telaga Dewa begitu jernih. Telaga yang dimaksud memiliki sisi-sisi yang ketinggiannya hampir sama rata dan mengelilingi terowongan di gua. 

Sebelum mencapai telaga dewa, oleh Pokdarwis setempat juga diletakan penunjuk arah. 

(banjarmasinposttravel.tribunnews.com/Isti Rohayanti) 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved